Kepulauan Banyak Punya 12 Titik Ombak yang ‘Menggoda’ Peselancar

Seorang peselancar menikmati ombak di Ujung Lolok, Kepulauan Banyak, Aceh Singkil. (Ig; @pulaubanyaktour)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil saat ini menjadi primadona bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Pulau yang memiliki jumlah 63 pulau ini juga menyimpan keindahan lain, yaitu ombak di beberapa pulau yang terbilang ganas.

Meski ombak di Kepulauan Banyak belum setenar lokasi surfing seperti di Lhoknya, Aceh Besar, Simeulue, Nias, Mentawai dan beberapa lokasi surfing lainnya di luar Pulau Sumatera, namun ombak di Kepulauan Banyak patut diperhitungkan.

Terdapat sekitar 12 titik ombak untuk selancar yang cukup panjang dan mencapai ketinggian 6 meter yang tersebar di Pulau Bangkaru, Ujung Silingar dan bagian selatan Pulau Tuangku. Titik selancar yang paling banyak dikunjungi oleh peselancar adalah pantai Amandangan dan pantai Pelanggaran di Pulau Bangkaru.

Ads

Ombak Kepulauan Banyak yang menggoda peselancar pertama sekali ditemukan oleh Marcus Keeshan pada tahun 2001. Yang kemudian dia mempublikasikan kehebatan ombak Bangkaru sebagai tempat surfing terbaik di dunia.

Baca: Sensasi lain menikmati Pulau Banyak di Warkop Pak Itam

Menurutnya ombak di kawasan ini sangat ideal bagi peselancar kelas dunia karena tingginya mencapai 6 meter. Begitu pula lokasinya. Airnya dingin, ikan hiu jarang terdapat, tempat berselancar berada satu sampai dua meter diatas karang dan musim selancar relatif panjang.

loading...

Karakter ombaknya terbilang bervariasi. Anda bisa menjumpai karekater ombak barrel (ombak yang hampir membentuk sebuah lingkaran), Mellow (ombak pelan) dan Hollow (Ombak Cepat) yang ada di Pulau Bangkaru dan Ujung Lolok.

Baca: Kepulauan Banyak jadi target wisatawan di musim libur

Lokasi surfing itu berada jauh dari pemukiman warga dan sepi. wilayah itu hanya dikunjungi oleh mereka peselancar yang mencari kenikmatan di Pantai Barat Indonesia.

Ombak di Kepulauan Banyak bisa jadi rekomendasi bagi anda yang memiliki hobi beselancar. Umumnya lokasi ini terletak di Kecamatan Pulau Banyak Barat, Haloban.

Baca: Ini deretan Pulau yang sering dikunjungi di Kepulauan Banyak Aceh Singkil

Untuk mengunjungi lokasi ini,

Start:  Medan – Aceh Singkil (8 Jam lewat darat)

Aceh Singkil – Kecamatan Pulau Banyak (3,5 Jam perjalanan laut menggunakan kapal)

Kecamatan Pulau Banyak – Pulau Bangkaru (3 Jam Perjalanan Menggunakan Speed boat)

*Aceh Singkil – Kecamatan Pulau Banyak Barat, Haloban (5 Jam Perjalanan laut)

Pulau Banyak Barat – Pulau Bangkaru (1,5 Jam menggunakan Speed Boat)

Atau anda bisa mencoba ke lokasi lain di Ujung Lolok. Lokasi ini lebih dekat dari Kecamatan Pulau Banyak Barat. [Randi]

Ads