21 Kegiatan Ini Meriahkan HUT Banda Aceh ke 814

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pada 22 April nanti, Kota Banda Aceh genap berusia 814 tahun. Kota ini didirikan oleh Sultan Alaidin Johansyah pada 22 April 1205, tepatnya 814 tahun yang silam.

Dimomentun hari jadi ini, Pemko Banda Aceh akan menggelar sejumlah kegiatan yang melibatkan banyak warga kota. Tujuannya, untuk meningkatkan kecintaan dan kebanggaan warga atas kotanya.

“Ada banyak kegiatan yang bakal kita gelar dalam rangka memperingati HUT Kota ke 814. Kita ingin warga kota lebih mengenal akan sejarah kota ini dan semakin meningkatkan rasa cinta dan kebanggaannya,” ujar Wali Kota saat memimpin rapat persiapan HUT Kota Banda Aceh, Selasa (16/4) di Balai Kota.

Rapat ini diikuti oleh Wakil Wali Kota, Zainal Arifin, Sekdakota, Bahagia, Asisten Tata Pemerintahan, Faisal, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Bachtiar, Asisten Administrasi Umum, Tarmizi Yahya dan para Kepala SKPK jajaran Pemko Banda Aceh hang juga tercatat sebagai panitia penyelenggara.

Dalam rapat ini kemudian diputuskan akan digelar 21 kegiatan besar untuk memeriahkan hari jadi kota yang dulunya bernama Kutaraja ini.

Event-event yang digelar mulai dari kegiatan keagamaan, olahraga hingga perlombaan adat yang menunjukkan kekhasan budaya Aceh.

“Acara yang mungkin akan melibatkan banyak massa adalah jalan santai yang berhadiah umrah, rumah dan sepeda motor. Acara ini diprediksi akan dimeriahkan 30 ribu warga kota dan sekitarnya. Panitia harus benar-benar mempersiapkan diri jelang event ini,” ujarnya.

Dibidang keagamaan, Pemko melalui MAA akan menggelar lomba Dalail Khairat dan Lomba Dikee Aceh. kemudian digelar juga acara zikir akbar yang diperkirakan akan diikuti oleh 10 ribu jamaah di Blang Padang pada 26 April nanti.

Dibidang olahraga, ada lomba tarik tambang antar kecamatan. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat dari sembilan kecamatan di Banda Aceh. Akan digelar di  tanah kosong bekas bangunan Hotel Aceh. Tenis, sepakbola dan bulutangkis juga digelar.

Kemudian ada juga kegiatan donor darah, gotong royong massal, lomba memasak, lomba bercerita bagi murid SD dan MIN, lomba adat menyambut Ramadhan dan lomba karya jurnalistik dan Islamic Fashion Show yang bekerjasama dengan Dispar Aceh.

Berikut 21 event yang akan digelar dalam rangka HUT Kota Banda Aceh ke 814:

1. Sepak Bola antar Kecamatan

2. Sepak Bola antar SKPD

3. Bulu Tangkis

4. Tarik Tambang

5. Tenis Lapangan

6. Jalan Santai

7. Lomba Video Pendek

8. Lomba Dalail Khairat

9. Lomba Zikir Aceh

10. Pawai Tarhib Ramadhan

11. Islamic Fashion Show

12. Lomba Karya Jurnalistik

13. Gathering Cat Lovers

14. Haul Tgk Dikandang

15. Donor Darah

16. Gotong Royong Massal

17. Zikir Akbar

18. Lomba Bercerita SDN dan MIN

19. Lomba Masak PKK antar Kecamatan

20. Lomba Adat Menyambut Ramadhan

21. Malam Resepsi. [Randi/rel]

Related posts