3 Ekor Gajah di Aceh Selatan Semarakkan Pemilu

Gajah mengantarkan kotak suara ke TPS di Desa Naca, Trumon. (Kanal Aceh/Khalis Surry)
--Ads--
loading...

Aceh Selatan (KANALAACEH.COM) – Tiga ekor gajah Trumon, Aceh Selatan ikut menyemarakkan pesta Demokrasi Pemilu 2019. Gajah ini mengantarkan logistik menuju ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), Rabu pagi (17/4).

Gajah penghuni Conservation Response Unit (CRU) Trumon ini dikawal oleh pawang menyusuri jalan, mengantarkan logistik dari kantor kecamatan Trumon Tengah menuju ke TPS di Desa Naca, dengan jarak sekitar 15 menit untuk tiba di TPS.

Tiga gajah ini sebelumnya telah dilatih sejak beberapa hari terakhir. Kotak suara dinaikkan ke atas gajah lalu dikawal oleh unsur Pemerintah kecamatan setempat.

Ads

Camat Trumon, Tahta Amrullah mengatakan, gajah ini hanya di TPS di Desa Naca saja. Mamalia bertubuh besar ini sengaja dilibatkan untuk memeriahka pesta Demokrasi.

“Ini semua kita laksanakan untuk memeriahkan pesta demokrasi.  Sekaligus momen promosi wisata serta edukasi dan mengajak masyarakat agar menyayangi satwa dilindungi,” ujar Tahta.

Saat proses mengantarkan logistik, masing-masing gajah mengangkut dua kotak suara. Dari kantor kecamatan mereka bergerak sekitar pukul 06:15 WIB pagi dan tiba di di TPS pukul 06.30 sebelum pemilihan berlangsung.

Ikutnya gajah dalam menyemarakkan hari pemilihan itu, kata Tahta berawal dari munculnya ide dari Muspika kecamatan dan pihak CRU.

Selain menyemarakkan Pileg dan Pilpres juga bertujuan untuk memantik wisatawan berkunjung ke Trumon di mana menyimpan ragam objek wisata.

“Selain untuk memeriahkan pesta demokrasi bisa untuk promosi destinasi wisata,” katanya.

Pihaknya kini sedang berupaya untuk meningkatkan pariwisata. Dimana selama ini destinasi yang ada di tempat mereka masih kurang perhatian. Sehingga institusinya berinisiatif untuk tampil ha beda pada pemilu kali ini. [Randi/rel]