6 Lokasi Recommended Untuk Berburu Takjil di Banda Aceh 

Ilustrasi, Pedagang Takjil di Peunayoung. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Waktu berbuka puasa di bulan Ramadan, menjadi hal yang paling ditunggu. Sambil menunggu berbuka, umumnya masyarakat berburu aneka menu takjil untuk berbuka puasa.

Tidak heran pada bulan ini banyak pedagang menjajakan makanan, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Nah, jika hari ini anda berniat untuk berburu menu berbuka puasa di Kawasan Banda Aceh, mungkin bisa mengunjungi lima lokasi makanan Ramadan berikut ini.

  1. Lampineung

Sepanjang jalan Panglima Nyak Makam, Lampienueng anda akan disuguhkan ratusan pedagang yang memanjakan para pemburu takjil. lokasi ini memang berdekatan dengan pusat perkantoran di Banda Aceh.

Namun karena menggunakan tepi jalan, para pengunjung harus bersabar dengan kemacetan yang mengadang saat berburu takjil.

  1. Kopelma Darussalam

Salah satu sentra takjil di Kecamatan Syiah Kuala ialah di Jalan Lingkar Kampus. Biasanya para pedagang menempati lapak jualannya di trotoar.

Disini para pengunjung dapat membeli berbagai macam panganan ringan sampai sampai makanan berat, seperti kolak, kanji, gorengan, nasi dan makanan lainnya.

Apalagi rata-rata pedagang disana ialah mahasiswa, yang ingin meraup rezeki di bulan penuh berkah ini.

  1. Simpang Punge Blang Cut

Penjual takjil juga terdapat di Jalan Sultan Iskandar Muda – Simpang Punge Blang Cut.

Bagi anda yang ingin melanjutkan dengan ‘makanan berat’ para pengunjung bisa mendapatkan sejumlah makanan seperti nasi goreng, bakso, sate di lokasi ini. Tapi, makanan ringan pun cukup banyak pilihan yang dijajakan di sepanjang jalan arah ke Ulee Lheue.

Sebenarnya di lokasi ini, anda tidak perlu menunggu bulan puasa untuk dapat berburu makanan di sini, sebab pada hari biasa pun lokasi ini selalu ramai.

  1. Peunayoung

Bagi masyarakat Banda Aceh, siapa yang tidak mengenal Kawasan Peunayoung. Jika ramadan, tempat ini, tepatnya di jalan Imam Bonjol atau samping Bioskop Garuda, menjadi salah satu lokasi takjil terpadat di Banda Aceh.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan pasar Aceh, menjadikan lokasi ini ramai dikunjungi warga. Disini, anda juga bisa menemukan makanan tradisional Aceh, seperti sambai oen peugaga, kanji pidie, urap, rujak, lemang dan beragam makanan lainnya.

  1. Simpang Tujuh Ulee Kareng

Kawasan simpang tujuh Ulee Kareng juga kerap menjadi lokasi berburu para pencari takjil pada ramadan. Selain banyak yang menjajakan minuman pemuas dahaga, di lokasi ini juga banyak pedagang takjil makanan ringan hingga berat.

lokasi ini, anda tidak perlu menunggu bulan puasa untuk dapat berburu makanan di sini, sebab pada hari biasa pun lokasi ini selalu ramai.

  1. Taman Makam Pahlawan

Jalan Taman Makam Pahlawan, Peuniti juga banyak berjejer para pedagang takjil. Tempat ini, juga menjadi lokasi para pemburu takjil.

Banyak pedagang yang menjual berbagai makanan disini. Misalnya, aneka gorengan, kolak, lemang, mi dan minuman pemuas dahaga seperti air tebu, kelapa, cendol dan banyak lainnya.

Para pedagang takjil ini, sebahagian mereka ialah pedagang musiman. Meski begitu, pihak Pemerintah Kota Banda Aceh, sudah mengeluarkan imbauan untuk tidak membuka lapak dagangannya di bawah pukul 16:00 WIB.

“Kita minta selama ramadan para pedagang untuk membuka lapaknya bakda Ashar,” kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah beberapa waktu lalu. [Randi]

Related posts