Coba Cek, Apa Ponselmu Disusupi Iklan Bandel?

Ilustrasi. (ponsel pintar)

(KANALACEH.COM) – Sejumlah aplikasi bandel dibersihkan Google dari Play Store. Kali ini, semua aplikasi bandel itu datang dari satu publisher bernama CooTek.

CooTek, disebutkan oleh firma keamanan internet dan perangkat Lookout, menyusupkan adware jahat BeiTaAd di semua aplikasinya.

Dikutip dari detik.com, Kamis (18/7), Lookout menginvestigasi sejumlah aplikasi, menyusul banyaknya laporan pengguna yang mengeluhkan iklan yang begitu masif di dalam aplikasi.

Ads

Beberapa pengguna bahkan melaporkan perangkat mereka jadi tidak bisa digunakan karena tingginya volume iklan yang di-push, bahkan ketika aplikasi tidak dijalankan.

Penelusuran Lookout menemukan bahwa aplikasi-aplikasi yang dilaporkan, semuanya dipublikasikan oleh CooTek, dan semuanya mengandung adware BeiTaAd.

Merespons lapran Lookout, CooTek berjanji akan menghapus adware di aplikasinya. Namun investigasi lebih jauh dari BuzzFeed memperlihatkan, masih banyak aplikasi CooTek yang menjalankan BeiTaAd.

Google pun akhirnya merespons hal ini dengan melarang CooTek dan lebih dari 200 aplikasi buatannya berada di Play Store.

Meski kalian aman, pelarangan aplikasi ini meningkatkan perhatian pada protokol keamanan Google Play Store. Tidak ada salahnya kalian selalu waspada dan lebih selektif menginstal aplikasi. Berikut ini adalah beberapa langkah agar kalian terhindar dari aplikasi bandel.

1. Selalu cermati aplikasi dan file yang akan di-download dari publisher atau sumber yang tidak kalian kenal.

2. Cek ulasan pengguna lain yang sudah mendownload aplikasi tersebut, tidak hanya rating review.

3. Waspadai izin apa saja yang kalian berikan ke aplikasi yang kalian instal.

4. Disarankan aplikasi anti virus dan mobile browser terpercaya dengan pengaturan privasi dan pemblokiran iklan yang kuat. []

Ads