Komisi III DPR RI Minta Kasus Hukum Geuchik Munirwan Dihentikan

DPR akan panggil Menkeu bahas obligasi pembelian pesawat dari rakyat Aceh
Anggota DPR RI Komisi III asal Aceh, Nasir Djamil. (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Anggota Komisi Hukum DPR RI asal Aceh M Nasir Djamil menyayangkan sikap Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh yang melaporkan Geuchik Munirwan ke polisi terkait peredaran benih padi jenis IF8.

Tindakan Dinas Pertanian dan Perkebunan itu kata Nasir, terkesan tidak mendidik dan berpotensi menghambat para petani dan pekebun, untuk melakukan inovasi di bidang pertanian dan perkebunan.

Baca: Pemerintah Aceh ‘Lempar Bola’ Soal Pelapor Munirwan ke Polda Aceh

Karena itu Nasir Djamil mendesak kepada Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh agar menarik dan mencabut laporannya di Polda Aceh terhadap Keuchik Munirwan.

“Jangan kriminalisasi geuchik dan petani yang berprestasi. Seharusnya inovasi mereka dihargai dan dilindungi, bukan dihukum,” ujar Nasir Djamil melalui keterangannya, Kamis (25/7).

Baca: Walhi Minta Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh di Copot

Anggota Fraksi PKS itu menambahkan, Dinas Pertanian dan Perkebunan seharusnya melakukan pembinaan kepada para petani yang belum menyertifikatkan inovasi mereka. Jika sejak awal ada perhatian dan pembinaan tentu Geuchik Munirwan tidak akan berurusan dengan hukum.

“Dan Kepada Kapolda Aceh saya berharap bisa menangguhkan penahanan Geuchik Munirwan dan berupaya untuk memfasilitasi, agar kasus ini dihentikan dan dicari solusi yang memberikan kemanfaatan dan keadilan hukum,” ucapnya. [Randi/rel]

Related posts