Jemaah Haji Asal Pidie Meninggal di Mina

(aceh.kemenag.go.id)

Mekah (KANALACEH.COM) – Inna lillaahi wa innaa ilaihi raji’un. Seorang Jemaah Haji asal Aceh yang tergabung dalam kloter 11-BTJ, Bungsu binti Daud Cut Agam, 68 tahun, pemegang paspor C2884955 asal Titeu, Kabupaten Pidie, meninggal dunia di Mina, Senin (12/8) malam.

Menurut informasi dari Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Muhammad Nasril, Bungsu meninggal dunia di Maktab 14, Mina, pada jam 20.05 Waktu Arab Saudi.

Kronologisnya, sebagaimana disampaikan dr Yassir dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) kloter 11, pada jam 18.45 Bungsu sempat mengeluh sakit kepala, demam dan mual. Pemilik manifes 316 itu memiliki riwayat hipertensi, kolesterol tinggi dan tukak lambung. Oleh tenaga kesehatan ia diberikan terapi dengan melanjutkan obat yang sudah dikonsumsi selama ini.

Kemudian salat magrib, lalu tidur setelah magrib. Tetangga melihat Bungsu tidak bergerak, tidak ada respon. “Lalu tetangganya memanggil kami (petugas). Ketika kami tiba, yang bersangkutan sudah meninggal,” jelas Yassir. “Biasanya aktifitas yang bersangkutan hanya di hotel dan tenda.”

Bungsu didiagnosa meninggal karena cardiac arrest (SDA). “Kondisinya lemah, ada riwayat sakit jantung lama,” lanjut Yassir seperti dilansir laman aceh.Kemenag.go.id.

Sementara itu, M Nasril mengatakan bahwa saat ini petugas kloter bersama pihak maktab sedang mengurus untuk proses pengurusan jenazah. “Salat jenazah di Masjidil Haram dan akan dimakamkan di Syaraya,” kata Nasril.

Nasril juga menjelaskan bahwa sudah lima jemaah asal Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi untuk musim haji tahun 2019 ini.

Sebelumnya, Salmiyah binti Muhammad Daud (69) asal Pidie Jaya, yang tergabung dalam kloter 1, wafat di RSAS King Faisal, Syisyah Makkah, Sabtu (3/8). Lalu Hazanah binti Muhammad Yusuf (63) dari kloter 2, asal Aceh Timur meninggal dunia pada Minggu (4/8) dan Abdurahman Chasbullah Surati (62) dari kloter 2 asal Ulee Kareng, Banda Aceh, meninggal pada Senin (5/8).

Lalu JCH dari kloter 10, Tarmizi Bungau Agam (76) asal Aceh Selatan, meninggal dunia pada Kamis (8/8) di Mekah. “Dan yang terkahir Bungsu Daud binti Daud Cut Agam asal Pidie, dari kloter 11 yang meninggal di Mina,” ujar Nasril. []

Related posts