Meski Diguyur Hujan, Asap Masih Selimuti Banda Aceh

Banda Aceh. (Foto: kemenag Aceh)

Banda Aceh (KANALACH.COM) – Intensitas hujan ringan mengguyur kota Banda Aceh, Selasa (24/9) sekira pukul 13:00 WIB. Namun, hujan tersebut belum membuat asap yang menyelimuti Banda Aceh hilang.

Pantauan kanalaceh.com, kabut asap masih bertahan di udara Banda Aceh. Bahkan, asap masih sangat pekat usai diguyur hujan. Hujan berhenti sekitar pukul 15:00 WIB.

Kepala Seksi Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Balang Bintang, Aceh Besar, Zakaria menjelaskan, partikel dalam kabut asap yang ada diudara tidak sempat habis jika intensitas hujan ringan.

“Bila intensitasnya ringan tidak sanggup meluruhkan partikel-partikel padat yang ada dalam asap atau hujannya hanya sebentar, partikel-partikel dalam kabut asap yang ada diudara tidak sempat habis jatuh ke tanah,”

“Harus dilihat luasan wilayah yang diguyur hujan, lamanya hujan dan intensitas hujan. Kenapa demikian? Karena bila hujan sangat lokal maka kabut asapnya disekitarnya segera mengisi ruang kosong,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (24/9). [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM)– Kabut asap kiriman yang menyelimuti Aceh sepekan terakhir mulai tebal. Sehingga seorang nelayan dilaporkan kehilangan arah saat hendak pulang melaut karena kabut asap. – Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek mengatakan, seorang nelayan itu berasal dari Sabang. Saat itu, ia perjalanan pulang tapi tidak sampai ke pelabuhan perikanan Sabang, karena tebalnya asap di perairan tersebut. – “Nelayan tersebut awalnya menelepon keluarganya, bahwa dia sudah dalam perjalanan pulang tetapi sampai saat ini belum sampai ke pelabuhan perikanan Sabang,” kata Miftach saat dikonfirmasi, Senin, 23 September 2019. – Untuk itu, ia mengimbau seluruh nelayan yang tidak memiliki alat penunjuk arah, agar tidak terlalu jauh pergi melaut menangkap ikan. Sebab, kata dia kabut asap mulai menyelimuti Aceh. – “Kalau kabut sudah hilang (normal) baru nelayan boleh melakukan aktifitas seperti biasa,” ujarnnya. – Di berbagai daerah di Aceh mulai membagikan masker bagi warga. Wilayah yang terpapar kabut asap yang parah meliputi daerah, Aceh Singkil, Subulussalam, Aceh Barat Daya, Aceh Timur, Lhokseumawe, Langsa dan Aceh Utara. . ——————————— #aceh #asap #kabut #sabang #acehsingkil #acehtimur #acehBarat #acehutara #sabang #subulussalam #bandaaceh #acehjaya #abdya #naganraya #karhutla #kabaraceh

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts