Awas! Konsumsi Ikan Asin Bisa Sebabkan Kanker

Foto: Fimela.com

(KANALACEH.COM) – Ketika banyak makanan dikaitkan dengan penyebab kanker, beberapa orang akan nyeletuk ‘yaudah makan ikan asin saja’. Tapi, penelitian menjelaskan panganan ini pun dapat menyebabkan kanker.

Ya, ikan asin masuk ke dalam panganan penyebab kanker. Hal ini disampaikan Dokter Spesialis Onkologi Medis dr Aru W Sudoyo, SpPD-KHOM, FACP. Ia menjelaskan, konsumsi ikan asin secara berlebihan dalam tenggat waktu yang lama bisa menyebabkan kanker nasofaring.

Kanker nasofaring sendiri merupakan kanker yang tumbuh di belakang di rongga belakang hidung dam belakang langit-langit rongga mulut. Tokoh besar yang diketahui mengidap penyakit ini adalah Ustadz Arifin Ilham dan penyakit tersebut yang kemudian menjadi penyebab kematiannya.

Dokter Aru menuturkan, ada dua hal yang membuat ikan asin dapat menyebabkan kanker. Hal pertama adalah tingginya kadar garam yang dikandung ikan asin. Selain itu, ikan asin bisa menyebabkan kanker karena proses pembuatannya yang melalui beberapa proses.

“Jadi, saat proses penjemuran dilakukan, kualitas ikan menjadi berubah dan secara tidak langsung sel yang ada di dalam ikan menyimpan zat yang dinamakan nitrosamine. Zat ini yang menyebabkan kanker nasofaring,” ungkap dr Aru yang juga merupakan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) di acara Kalbe Academia for Media: Patient Journey in Oncology Total Solution di Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/10) seperti dilansir laman Okezone.com.

Zat nitrosamine merupakan senyawa karsogenik (penyebab kanker yang ada pada makanan yang diawetkan oleh nitrit. Nitrit ini sendiri sering digunakan untuk mengawetkan daging, ikan, dan keju agar bakteri pembusuk tidak dapat berkembangbiak.

Lantas, bagaimana proses sel kanker terbentuk di area kanker nasofaring?

Dokter Aru menjelaskan, ini muncul karena ketika Anda makan ikan asin bersama dengan nasi panas, uap yang dihirup saat makan masuk ke hidung dan zat tersebut berada di area lokasi kanker nasofaring. Jadi bisa dikatakan, zat nitrosamine ini tertinggal di area saluran pernapasan dan sel kanker tumbuh di sana.

Tindakan yang bisa dilakukan untuk menekan faktor risiko ini ialah menambahkan serat ke dalam piring makan. Serat dipercaya dapat menjadi antioksidan yang mampu melawan sel kanker jahat. Selain itu, mengurangi jumlah komsumsi ikan asin pun tentu perlu dilakukan.

“Sayuran ini digunakan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem imun yang kuat, sel kanker pun bisa dibuat lemah dan tidak menyebabkan kanker,” tandasnya. []

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) -Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman akan menempatkan petugas Wilayatul Hisbah di setiap hotel berbintang yang ada di wilayah Banda Aceh. – Hal itu dilakukan agar bisa mendeteksi setiap pengunjung hotel yang hendak melakukan pelanggar syariat dan pesta narkoba, seperti yang terjadi beberapa hari lalu di Hotel Hermes. – Aminullah mengatakan, saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Forkopimda untuk menempatkan WH di hotel berbintang sebanyak tiga orang. – “Kita sedang berkoordinir dengan forkopimda setiap hotel yang seperti itu kita ingin menempatkan WH kita di situ. Nanti kita tempatkan WH, terutama hotel berbintang. Dua atau tiga orang ada selalu di situ, untuk mengawasi,” kata Aminullah kepada wartawan, Selasa (8/10). – Penempatan petugas WH itu, kata dia akan segera dilakuan dalam waktu dekat. Ia juga meminta agar organisasi lain yang ada di Banda Aceh ikut mengawal dalam penegakan syariat islam. – Sebelumnya, Aminullah memanggil manajemen hotel Hermes untuk dimintai keterangannya dalam kasus ditemukannya dugaan pesta narkoba yang melibatkan empat oknum TNI dan enam warga sipil. – Hasil pertemuan itu, pihaknya belum menemukan ada tidaknya pelanggar syariat di dalam hotel. Hanya saja, pidana narkoba yang baru terungkap. – – ———————————————————- ##aceh #bandaaceh #bireuen #pidie #pidiejaya #acehbesar #lhokseumawe #acehutara #acehtimur #langsa #acehtamiang #acehtenggara #gayolues #acehtengah #benermeriah #abdya #naganraya #acehbarat #naganraya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #simeulue #sabang #acehjaya #hotel #hermes #mahasiswaaceh

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts