Strategi BNN Cegah Peredaran Narkoba Lewat Jalur Laut di Aceh

Ilustrasi.
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala BNN RI, Komjen Pol Heru Winarko mengakui bahwa Aceh menjadi pintu masuk narkoba ke Indonesia, karena banyaknya ‘jalur tikus’ lewat laut yang sulit dideteksi.

Heru menyebutkan, saat ini pihaknya sedang menggalakkan desa bersih narkoba (bersinar) yang berada di pinggir pantai. Dengan harapan, semua perangkat desa bisa mendeteksi penyelundupan narkoba dari jalur laut.

“Aceh ini jadi pintu masuknya (narkoba), biasanya masuk lewat Penang, Phuket, lewat jalur laut. Makanya desa-desa di pinggir pantai kita harus kuat, mampu mendeteksi ini,” kata Heru usai mendeklarasikan desa bersih narkoba, di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Selasa, 8 Oktober 2019.

Ads

Pihaknya juga sudah menginstruksikan setiap kepala desa untuk mempunyai kewajiban dan jadi garda terdepan untuk mendeteksi peredaran narkoba yang ada di lingkungannya. Kemudian, membuat penguatan-penguatan melalui sosialisasi.

Heru menjelaskan, penguatan itu bisa berupa sosialisasi yang dikucurkan dari dana desa. Sebab, kata dia, Menteri Desa juga sudah mengeluarkan instruksi untuk membuat kegiatan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

“Saya sudah sampaikan ke pemda Aceh hingga kepala desa adakan penguatan-penguatan, dari Menteri Desa juga sudah menginstruksikan, asal ada musyawarah perencanaan desa,” ujarnya.

Bukan hanya itu, Heru juga mengingatkan agar aparat keamanan di desa yang rawan penyelundupan bisa bersinergi dengan masyarakat. Dan harus memberikan contoh, dengan tidak terlibat dalam peredaran narkoba. [Randi]

 

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Persiraja Banda Aceh menjadi tim ke tiga wilayah barat yang memastikan lolos ke babak 8 besar liga 2 2019. Hal itu dipastikan usai Laskar Rencong menekuk PSCS Cilacap dengan skor 2-1, di stadion H Dhimurthala, Lampineung, Banda Aceh, Senin (7/10). – Dengan hasil itu, Persiraja memimpin klasemen sementara dengan perolehan 42 poin. Sementara dua tim lainnya yang sudah memastikan tiket delapan besar dari wilayah barat ialah, Persita Tangerang dan Sriwijaya FC. – Sedangkan satu tiket lagi, akan diperebutkan oleh PSMS Medan yang masih menyisakan dua laga kandang. Sementara PSCS Cilacap dan Perserang Serang akan bermain satu kali lagi di pekan ke 22. – Kemenangan Persiraja atas PSCS, memperpanjang rekor Laskar Rencong menjadi tim yang tidak pernah kalah maupun seri di kendang, sepanjang liga 2 2019. 11 partai kendang di putaran pertama hingga kedua di sapu bersih. – Keunggulan tuan rumah lawan PSCS tercipta pada menit ke 42 lewat sepakan Assanur Rizal. Persiraja unggul 1-0. Kemudian, pemain Laskar Nusakambangan yang tampil ngotot demi mengejar tiket delapan besar sempat menyamakan kedudukan, lewat Arief Yulianto pada menit ke 55, tendangan kerasnya tak mampu dibendung penjaga gawang Persiraja, gol pun tercipta, skor 1-1. – Bermain terbuka, membuat petaka bagi PSCS. Di menit akhir pertandingan, pemain Persiraja memanfaatkan kemelut di depan gawang PSCS. Kali ini giliran Eriyanto merobek gawang yang dikawal Ravi Murdianto, gol tercipta di menit 88. Skor 2-1 untuk Persiraja bertahan hingga laga usai. – – #aceh #bandaaceh #bireuen #pidie #pidiejaya #acehbesar #lhokseumawe #acehutara #acehtimur #langsa #acehtamiang #acehtenggara #gayolues #acehtengah #benermeriah #abdya #naganraya #acehbarat #naganraya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #simeulue #sabang #acehjaya #pscs #cilacap #liga2

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on