RS KPJ Penang Gaet Warga Aceh Untuk Berobat ke Penang

Tourism Malaysia Medan, Rumah Sakit KPJ Penang dan Penerbangan Firefly melakukan promosi bersama di Banda Aceh, Aceh, Kamis 14 November 2019. (Foto: Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Tourism Malaysia Medan, Rumah Sakit KPJ Penang dan Penerbangan Firefly menggelar promosi bersama di Banda Aceh, Kamis (14/11). Dalam promisi itu, Tourism Malaysia Medan menghadirkan “Theme Park Seminar” kepada top agent di Banda Aceh.

Sedangkan pihak RS KPJ Penang bersama Firefly menggelar “Paket Wisata Kesehatan Halal KPJ Penang – Firefly” khusus untuk masyarakat di Banda Aceh. Kerjasama ini untuk memudahkan masyarakat Banda Aceh untuk datang ke Penang, terutamanya RS KPJ dengan menggunakan pelayanan penerbangan Firefly sambil menikmati harga promosi.

Chief Executive Officer RS KPJ Penang, Zabidi Hj Abdul Razak menyebutkan, RS KPJ saat ini menjadi salah satu rumah sakit rujukan di Malaysia. Pihaknya memiliki 33 dokter spesialis, seperti ahli jantung, bedah, penyakit dalam, kulit, mata dan sebagainya.

Ads

“Keunggulan RS KPJ yaitu memiliki 33 spesialis, di antaranya jantung, bedah saraf dan berbagai lainnya, dan RS KPJ juga sudar bertaraf dunia, jadi pasien dari Aceh boleh yakin karena kita memiliki dokter terlatih dan dalam ruangan yang nyaman,” kata Zabidi.

Baca: Investor Malaysia Akan Bangun Hotel 10 Lantai di Banda Aceh, Atasnya Seperti Twin Tower

Zabidi menjelaskan, saat ini RS KPJ telah menerima pasien dari berbagai negara, seperti Arab, Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Myanmar, Thailand, Vietnam, singapura, China dan Australia.

Kata dia, untuk memudahkan pasien dari Aceh, pihak rumah sakit menggratiskan transportasi jemput antar dari bandara ke rumah sakit dan tempat penginaman. Fasilitas ini diberikan untuk menarik minat warga Aceh berobat ke negara tersebut.

“Keistimewaan KPJ Penang yaitu menyediakan hematan, transportasi dari bandara ke rumah sakit gratis, saat ini juga menyediakan hotel gratis untuk keluarga yang menunggu pasien dan tamu-tamu yang antar pasien tidak ada tempat nginap,” ujar dia.

Baca: Mengintip keunggulan maskapai Firefly

Selain itu, kata Zabidi, rumah sakit KPJ Penang juga telah disertifikasi halal dari segi makanannya. Juru rawat juga tersedia sepanjang waktu, untuk menjaga pasien yang dirawat inap di rumah sakit ini hingga selesai.

“Kami menyediakan makanan yang halal, ini penting untuk masyarakat Islam di Aceh,” kata Zabidi.

Direktur Tourism Malaysia Medan, Hishamuddin Mustafa menyebutkan, pihaknya sengaja menjadikan Aceh sebagai tujuan promosi karena lokasi yang strategi, yakni hanya membutuhkan waktu selama 45 menit penerbangan ke negeri Jiran itu.

“Sebenarnya kita memberikan peluang kepada agensi-agensi pelancongan di Aceh untuk lebih mengenali prodak-prodak wisata di Malaysia, misalnya mereka ke Penang untuk rawatan rumah sakit, lalu lanjut ke Kuala Lumpur untuk shoping,” kata Hishamuddin.

Disebutkannya, Pulau Pinang adalah salah satu negeri di Malaysia yang menjadi unggulan dalam wisata kesehatan Malaysia. Wisata kesehatan adalah sektor yang sangat pesat berkembang hingga kini.

“Dengan harga kompetitif yang setanding dengan Singapura dan Thailand, Pulau Pinang telah berhasil menarik ramai pelancong untuk berobat dari Indonesia, Singapura, Jepang dan Amerika Syarikat,” tutur Hishamuddin.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyebutkan pada tahun 2018, sebanyak 3.3 juta wisatawan dari Indonesia berkunjung ke Malaysia. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 17.2 persen.

Bahkan, katanya, dari Januari-Juni 2019 sebanyak 1,857,864 wisawatan dari Indonesia telah berlibur ke Malaysia. Hal ini berbanding dengan periode yang sama tahun 2018, yakni 1,615,210 wisatawan dari Indonesia ke Malaysia, meningkat sebanyak sebanyak 15 persen.

“Tourism Malaysia menerima pendapatan dari wisatawan Indonesia sebesar 11,072 bilion ringgit di tahun 2018, angka ini mengalami peningkatan yang cukup besar, yaitu sebesar 30.5% dibandingkan tahun 2017,” katanya.

Sementara, Vice President Sales Central, Muizzuddin Mahmud mengatakan, dalam mendukung warga Aceh berobat ke Malaysia, pihaknya saat ini telah melakukan kerja sama dengan Rumah Sakit KPJ Penang.

Kerja sama tersebut, kata Muizzuddin, diwujudkan dalam paket wisata kesehatan halal KPJ Penang-Firefly. Saat ini, Firefly melayani penerbangan empat kali dalam seminggu dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh ke Bandara Pulau Pinang, Malaysia.

“Kita terbang empat kali dalam seminggu, yaitu Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu,” pungkasnya. []

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Aceh tahun 2020 sebesar RP 248.221. Jumlah itu naik dari UMP tahun lalu yaitu sebesar Rp 2.916.810, menjadi Rp 3.165.031. Keputusan naiknya UMP Aceh itu, tertuang dalam Keputusan Gubernur Aceh Nomor 560/1774/2019, yang diteken Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Nova mengatakan, kenaikan upah pekerja sebesar 8,51 persen itu mengacu pada surat dari Kementerian Tenaga Kerja tentang Upah Minimum yang mengacu pada PP Nomor 78 Tahun 2015, yaitu berdasarkan laju inflasi Nasional dan PDB Nasional, serta memperhatikan surat usulan dari Dewan Pengupahan Provinsi Aceh. “UMP ini berlaku untuk seluruh tenaga kerja yang bekerja di bawah 1 tahun dan status masih lajang,” kata Nova Iriansyah, Kamis, 14 November 2019. Sementara bagi pekerja dengan masa kerja lebih 1 tahun, berdasarkan kesepakatan bipartit antara serikat pekerja dengan pengusaha dan tidak lebih rendah dari upah minimum yang diatur dalam skala upah. “Pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari UMP Aceh tahun 2020,” kata Nova. Bagi pengusaha yang tidak mampu membayar upah sesuai UMP, kata dia pengusaha tersebut dapat mengajukan penangguhan sesuai tata cara penangguhan pelaksanaan upah minimum yang ditetapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan. Sementara itu, Nova Iriansyah menegaskan, perusahaan yang telah memberikan upah lebih tinggi dari UMP Aceh 2020, untuk tidak menurunkan atau mengurangi upah dari nominal upah semula. Dengan naiknya nilai upah yang diterima pekerja, provinsi Aceh menjadi provinsi dengan nilai UMP tertinggi ke enam di Indonesia dan nomor dua di Sumatera. Di atas provinsi Aceh, adalah DKI Jakarta menjadi daerah dengan nilai upah buruh tertinggi yaitu mencapai Rp.4,26 juta. Di bawah Jakarta ada provinsi Papua, provinsi Sulawesi Utara, Bangka Belitung, Papua Barat serta Provinsi Aceh. #acehtimur #aceh #acehtengah #acehbesar #acehselatan #acehtenggara #acehtamiang #abdya #upah #umr #upahnaik #buruh #pemerintah #gajiumr #keputusan #gunernuraceh

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on