15 Jembatan Penghubung Aceh Timur-Blangkejeren Tuntas

(ist)
--Ads--
loading...

Blangkejeren (KANALACEH.COM) –  15 unit jembatan di jalan lintas provinsi yang menghubungkan Kabupaten Aceh Timur dengan Kabupaten Gayo Lues telah selesai dibangun. Tiga unit di antaranya dirampungkan tahun 2019 ini.

Hal itu dikatakan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Teuku Ahmad Dadek, yang juga Ketua Tim Pengendali dan Percepatan Kegiatan (P2K) saat meninjau progres pembangunan Jembatan Pintu Rime di perbatasan Aceh Timur – Blangkejeren, Rabu (27/11).

“Untuk tahun anggaran 2019 sedang dilakukan pembangunan jembatan sejumlah 3 unit hingga fungsional,” kata Ahmad Dadek.

Ads

Baca: Jalan Penghubung Abdya–Gayo Lues Dikebut: 2020 Harus Mulus

Ketiga jembatan tersebut yaitu Jembatan Pintu Rime dengan nilai kontrak Rp 18 miliar, Jembatan Uring Rp 7.5 miliar dan Jembatan Pinding Tiga Rp 3.5 miliar.Pembangunan ketiga jembatan itu menggunakan sumber dana otsus.

Dengan dibangunnya 3 jembatan tersebut, diharapkan lintas perbatasan Aceh Timur – Gayo Lues akan semakin bebas hambatan. Sementara terkait masih adanya 10 kilometer ruas jalan yang  rusak akibat tanah logsor di kawasan itu, akan segera diperbaiki melalui sumber dana otsus Aceh tahun 2020 dengan total anggaran 25 miliar.

Baca: Jalan Penghubung dari Singkil ke Aceh Selatan Rampung Tahun 2022

“Sehingga pada akhir tahun 2020 ruas jalan perbatasan Aceh Timur – Blangkejeren sepanjang 57 kilometer dalam kondisi mantap,” ujar Ahmad Dadek.

Pembangunan jembatan di kawasan itu diproritaskan dengan tujuan dapat mempermudah arus transporsi wilayah tengah Aceh dengan pesisir timur Aceh.

Sementara itu, Ahmad Dadek juga mengatakan akan memperbaiki jalan batas Gayo Lues – Lokop, Aceh Timur sepanjang 30 kilometer pada tahun 2022. [Randi/rel]

 

View this post on Instagram

 

Singkil (KANALACEH.COM) – Plt Gubernur Aceh menyatakan bahwa jalan yang menghubungan Trumon-Buluh Seuma-Kuala Baru- Singkil sepanjang 80 km, diharapkan tahun 2022 sudah rampung. Jalan tersebut terdapat kemukiman Buluh Seuma, Aceh Selatan dan Kecamatan Kuala Baru, Aceh Singkil yang selama ini masyarakat masih menggunakan perahu untuk ke Aceh Singkil. Sedangkan masyarakat Buluh Seuma harus melewati jalan yang kurang baik menuju ke Trumon. Tahun 2019, Pemerintah Aceh membangun 2 segmen, segmen 1 sepanjang 4,2 km, segmen sepanjang 40,2 km, dengan efektif 2,5 km, sisanya fungsional. Sedangkan jalan Batas Aceh Selatan, Kuala Baru Singkil efektif tiga km, panjang jalannya 12 km. Selengkapnya baca di www.kanalaceh.com #acehbarat #acehtengah #aceh #acehtenggara #acehtenggara #acehtimur #acehbesar #acehsingkil #acehselatan #pembangunanjalantol #jalantol #segmen #pemerintahaceh

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Ads