Kasus HIV/AIDS di Aceh Singkil Bertambah

Ilustrasi. (acstosfund)
--Ads--
loading...

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Kasus penyakit menular HIV/AIDS di Kabupaten Aceh Singkil setiap tahunnya bertambah. Dinas kesehatan setempat mencatat, sepanjang 2019 ditemukan empat kasus.

Dimana tahun 2018, hanya tiga kasus yang ditemukan. Kepala Bagian Infeksi menular HIV/AIDS Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Erna Berutu mengatakan, empat kasus tersebut terdeteksi dari sejumlah puskesmas dan rumah sakit umum setempat.

Baca: 854 Warga Aceh Terkena HIV/AIDS, Sebagian Penyebabnya Seks Bebas

Ads

“Tahun 2018 lalu, hanya ditemukan tiga kasus HIV/AIDS kendati pengidap sudah ada yang meninggal dunia,”ujarnya, Selasa (3/12).

Kabid Pencegahan Penyebaran Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh Singkil Nurman, menyebutkan penyebaran penyakit HIV/AIDS tidak begitu signifikan, namun harus tetap waspadai.

Baca: Kampanye Hari HIV/AIDS Sedunia, Petugas Kesehatan Abdya Bagi-bagi Bunga

Faktor utama penyebar penyakit menular HIV/AIDS, kata dia adalah prilaku gaya hidup seks menyimpang, seperti LGBT, seks bebas, suntik bekas pengidap HIV/AIDS dan lainnya.

Menurutnya, penanganan utama penyebaran penyakit menular adalah pihak keluarga, norma-norma kehidupan beragama juga merupakan cara spiritual yang mumpuni untuk menghindari penyebarab penyakit tersebut.

“Korban terdampak HIV/AIDS kalau sudah diobati, tidak boleh kita kucilkan, dan hatus terus dipantau,” ujarnya. [Randi/kh]