2020, Sabang Target Turunkan Angka Kemiskinan 3 Persen

Wali Kota Sabang, Nazaruddin. [Foto: Pemko Sabang]
--Ads--
loading...

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Sabang menargetkan angka kemiskinan masyarakat setempat bisa turun mencapai tiga persen pada 2020, dari total angka kemiskinan Pulau Weh tersebut sebanyak 16,3 persen.

“Target kita 2020 bisa turun dua sampai tiga persen angka kemiskinan kita,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sabang Faisal di Sabang, Senin (9/12) seperti dilansir laman Antara.

Dia menyebutkan tahun lalu Pemerintah Kota Sabang berhasil menurunkan angka kemiskinan sebanyak 1,3 persen. Hal itu dinilai progres yang sangat bagus bahwa pemerintah dapat menekan lebih satu persen angka kemiskinan dalam setahun.

Ads

“Karena menurunkan dua persen saja itu sangat berat. Dari 2018 ke 2019 kita berhasil turunkan 1,3 persen, itu progres sangat bagus,” katanya.

Sebelumnya Pemko Sabang juga ikut dalam rapat Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TKP2K), dalam upaya membangun sinergisitas multipihak dalam percepatan penanggulangan kemiskinan Aceh.

Kata Fasial dalam arahan tersebut kabupaten/kota untuk lebih fokus pada program-program mengurangi kemiskinan di Aceh. Mengingat angkat kemiskinan Aceh tergolong tinggi yakni mencapai 15 persen.

Kata dia, serapan anggaran yang tepat waktu juga sangat memberi kontribusi dalam upaya menekan kemiskinan, maka harus dimulai dengan realisasi anggaran setiap daerah pada awal tahun.

“Arahannya ke kita agar menindaklanjuti program yang fokus ke penurunan angka kemiskinan, kemudian daerah agar lebih kreatif,” katanya.

Dalam hal ini Sabang telah mengelahirkan program yang turut berdampak pada angka kemiskinan, yakni program Gerakan untuk Anak Sehat (Geunaseh). Program ini dinilai sangat berhubungan dengan kemiskinan anak.

“Karena anak-anak ini butuh kebutuhan dan pelayanan dasar, kalau orang tua tidak bisa menyediakan kebutuhan anak maka dianggap anak itu miskin,” katanya. []