Tingkat Kesadaran Warga Subulussalam Untuk Bayar Zakat Masih Rendah

Kepala Baitul Mal Kota Subulussalam Ustadz Sabaruddin S. (Kanal Aceh/Tumangger)
--Ads--
loading...

Subulussalam (KANALACEH.COM) – Tingkat kesadaran masyarakat untuk mengeluarkan Zakat ke Baitul Mal Kota Subulussalam masih tergolong rendah.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Baitul Mal Kota Subulussalam Ustadz Sabaruddin Sabar kepada kanalaceh.com, di ruangannya Jumat (14/2).

Ia menjelaskan, bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat sadar zakat, diantara tipe orang berzakat di kota Subulussalam bervariasi.

Ads

Ada orang yang berzakat langsung diberikan kepada penerimanya tanpa melihat aturan persentase. ada pula yang berzakat sesuai aturan persentase yakni berpenghasilan diatas Rp. 4,5 juta per bulan dikenakan 2,5 Persen, namun dia langsung memberikan kepada penerima (Mustahiq) tanpa melalui Baitul Mal.

Baca: Layak Terima Zakat, Baitul Mal Subulussalam Anggarkan Rp 100 Juta Bagi Penderita Stunting

Sehingga kata Sabaruddin, Zakat yang dibayarkan ke Baitul Mal Kota Subulussalam masih rendah. Menurut Sabar, di Kota Subulussalam saat ini sesuai data yang ada di Baitul Mal penyumbang terbesar ZIS adalah para ASN, sedangkan masyarakat umum masih dibawah 1 persen dari total yang terkumpul di lembaga resmi pemerintah tersebut.

Tahun 2018 zakat sebesar Rp 2,4 M sedangkan Infaq Rp 926 juta. pada tahun 2019 pendapatan meningkat menjadi Rp 2,81 miliar zakat dan infaq sebesar Rp. 1,2 M.

“Sebenarnya jika 35 persen saja para muzakki yang ada di kota ini menyalurkan zakatnya melalui Baitul Mal maka setiap tahun Baitul Mal Subulussalam bisa mengelola sampai Rp 12 Miliar pertahun, tentu penerima Zakat (Mustahiq) bisa lebih banyak, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat cepat terwujud secara merata,” kata Ustadz Sabaruddin.

Pihaknya akan terus melakukan sosialisasi pentingnya zakat untuk membersihkan harta, membantu umat keluar dari kemiskinan secara ekonomi, kesehatan, pendidikan dan sosial, serta yang paling penting yaitu zakat merupakan perintah Allah SWT. [Tumangger]

Ads