Cegah Corona, Cuci Sayuran dan Buah dengan Cara Ini

Cuci sayur. (halodoc)

(KANALACEH.COM) – Menjaga kebersihan di tengah wabah virus corona juga berlaku pada bahan masakan. Ikuti tips mencuci sayuran dan buah berikut ini.

Untuk memastikan bahwa sayuran dan buah terhindar dari paparan virus atau bakteri, banyak orang yang mencucinya dengan sanitizer. Pakar kesehatan mengatakan bahwa cara tersebut tidak aman untuk dilakukan, karena berkaitan dengan konsumsi untuk manusia.

Campuran alkohol pada sanitizer dapat merusak kesehatan tubuh manusia. Karenanya, tips mencuci sayuran dan buah ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan bersih.

Namun, mencuci sayuran dan buah itu hanya dibilas dengan air. Perlu ada teknik yang yang harus dilakukan guna menghilangkan segala kemungkinan kotoran yang menempel di permukaannya. Cara mencucinya juga berdasarkan jenis sayuran dan buahnya. Jenis yang berbeda tentu tekniknya juga berbeda.

Berikut 5 tips mencuci sayuran dan buah yang dapat diikuti dengan mudah

Sayuran Hijau

Supaya bahan masakan aman tidak terpapar virus corona, penting untuk mencucinya terlebih dahulu. Untuk sayuran hijau, tips mencuci sayuran ini dilakukan dengan cara khusus. Mengingat sayuran hijau biasanya memiliki lembaran-lembaran daun dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Pastikan setiap lembar daun terkena air saat mencucinya. Lakukan dengan menggunakan wadah. Isi wadah tersebut dengan air lalu rendam sayuran ke dalam wadah tersebut. Kibaskan sayuran hijau itu agar segala jenis kotoran terlepas.

Lalu diamkan sebentar supaya kotoran bisa jatuh ke dasar wadah. Setelah beberapa saat, angkat sayuran dan tiriskan. Jika sayuran tersebut masih berpasir, ulangi langkah yang sama dengan wadah yang sudah dibersihkan. Cuci sayuran dengan air yang mengalir dan tiriskan.

Sayuran Akar

Sayuran akar merupakan kelompok sayuran yang berupa akar yang membesar pada sebuah tanaman karena penimbunan makanan. Akar yang membesar itu sering juga disebut umbi. Maka, sayuran akar adalah sayuran umbi-umbian. Contoh sayuran akar ada seperti wortel, kentang, lobak, bit, dan lainnya.

Nah, karena tumbuh di dalam tanah pastikan kamu membersihkan dengan benar. Apalagi di tengah mewabahnya virus corona seperti sekarang ini. Untuk memastikan sayuran akar bersih sebelum dimasak ikuti cara mencuci sayuran ini.

Caranya dengan menggosok-gosok sayuran akar tersebut di bawah air yang mengalir dari keran. Kemudian, sikat sayuran dengan sikat halus agara tanah yang menempel pada permukaannya larut. Terus lakukan itu sampai sayuran tersebut bersih dari sisa tanah yang menempel. Tiriskan agar air tidak menempel di sayuran.

Jamur

Biasanya jamur dicuci ala kadarnya. Itu karena banyak orang yang tidak suka dengan jamur yang terlalu basah. Jamur dapat menyerap air seperti layaknya spons, sehingga ketika dimasak akan mengeluarkan cairan. Namun, mencuci jamur sampai bersih adalah penting.

Tips mencuci sayuran jenis jamur ini dilakukan dengan menaruhnya dalam wadah saringan. Kemudian bersihkan dengan cara mengayunkan jamur di bawah air mengalir. Pastikan bahwa aliran air tersebut paling keras untuk dapat menyemprot segala kotoran yang menempel pada jamur.

Cara lain yang bisa dilakukan, Ambil tisu dapur, basahi dengan sedikit air. Lalu seka satu persatu payung jamur hingga bersih dari kotoran. Angin-anginkan sebentar hingga kering lalu olah sesuai resep.

Sayuran dan Buah Bertekstur Keras

Tips mencuci sayuran juga bisa diterapkan pada buah-buahan. Untuk sayuran atau buah yang memiliki tekstur keras seperti mentimun, kacang hijau, asparagus, anggur, apel, pir dan lainnya harus dicuci dengan cara yang benar.

Taruh sayuran atau buah-buahan tersebut pada wadah yang berisi air. Diamkan beberapa saat, baru kemudian dicuci di bawah air yang mengalir yang ditampung pada wadah saringan.

Nah, saat dicuci pada proses itu pastikan kamu membersihkannya dengan cara menggosok-gosok permukaan pada sayuran dan buah. Setelah bersih, tiriskan sayuran dan buah-buahan tersebut sampai kering airnya.

Sayuran dan Buah Bertekstur Lunak

Berbeda tekstur, berbeda pula cara membersihkannya. Jenis sayuran atau buah yang bertekstur lunak ada seperti tomat dan buah-buahan berry. Tips mencuci sayuran dan buah jenis tersebut bisa dilakukan dengan membilasnya dengan aliran air yang kecil agar kotoran larut.

Jangan menyemprot dengan air bertekanan besar karena bisa merusak tekstur dari sayuran atau buah. Kemudian saat dicuci, gosok lah secara lembut dengan menggunakan tangan. Pastikan semua sisi terbilas dengan air tanpa membuat teksturnya menjadi bonyok.

Setelah bersih, taruh buah dan sayuran tersebut pada tisu untuk membuat airnya mengering dengan sendirinya. Biasanya sayuran dan buah yang teksturnya lunak akan mudah bonyok ketika mendapat perlakukan yang terlalu keras. [detik]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Banda Aceh membentuk tim siaga penanganan virus corona atau COVID-19. Tim itu dibentuk sebagai sikap kewaspadaan bersama terhadap wabah corona yang semakin meluas. Pemko bersama Forkopimda dan tim kemudian, membicarakan langkah-langkah mengatasi berbagai persoalan lain yang bisa ditimbulkan, seperti terkait ketersediaan pangan, pemeriksaan suhu tubuh di terminal dan pelabuhan hingga ketersediaan masker dan hand sanitizer. Aminullah Usman, mengatakan dalam pertemuan itu, juga dibahas langkah antisipasi ditempat keramaian, seperti café dan warung kopi. Pemilik usaha tersebut, diminta untuk menyediakan alat pengukur suhu tubuh. “Bagi pengunjung yang suhu tubuh diatas 37 derajat diminta segera diisolasi dan pihak warkop atau cafe diminta segera menghubungi petugas atau rumah sakit,” kata dia. Untuk tempat pelayanan umum, Perbankan, PLN, Telkom, PDAM dan lembaga yang berurusan dengn masyarakat juga diimbau melakukan pemeriksaan suhu tubuh. Dalam pertemuan ini, tim siaga meminta masyarakat menghindari mendatangi tempat-tempat keramaian dan mengimbau agar menghindari kontak langsung tangan seperti bersalaman. selanjutnya baca di www.kanalaceh.com #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #warkop #coffeeshop #coffeespace #termometer #alatukursuhu #himbauan #warga #masyarakat

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts