Jamaah Salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman Mulai Menyusut 

Jemaah salat jumat di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat (27/3). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Jika biasanya setiap salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh selalu penuh hingga ke halaman masjid, hari ini, Jumat (27/3), jamaah menyusut. Bahkan, di dalam masjid tidak terisi penuh.

Pantauan kanalaceh.com, jamaah yang berada diluar saat salat diminta oleh petugas masjid agar masuk ke dalam. Sebab, masih ada ruang yang kosong. Tak hanya itu, hanya beberapa orang saja yang masih menggelar salat dihalaman masjid, tepatnya di samping masjid.

Hanya saja, di dalam masjid tidak lagi menggunakan ambal untuk salat. Para jemaah membawa sendiri sajadah untuk melakukan salat berjamaah. Di Masjid Raya Baiturrahman, juga belum menerapkan Phsycal Distancing (jarak) dengan berjarak satu meter antarshaf.

Jemaah salat jumat di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat (27/3). (Kanal Aceh/Randi)

Selain itu, ada juga masjid yang tidak menyelenggarakan salat jumat berjamaah, seperti masjid Al-Jihad Jeulingke yang ditutup sementara, untuk mencegah virus corona.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa bahwa salat Jumat bisa digantikan salat Zuhur, untuk mengantisipasi kerumunan di tengah wabah virus corona, Covid-19.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk Faisal Ali, mengatakan imbauan MUI tersebut belum diterapkan di Aceh. Imbauan MUI itu, kata dia, hanya berlaku di daerah yang banyak ditemukan kasus terinfeksi virus corona. Sementara di Aceh, kata dia, belum ada.

Baca: Tak Diganti dengan Zuhur, MPU Aceh Tetap Berlakukan Salat Jumat

Namun, langkah antisipasi tetap dilakukan, untuk tetap menjaga kebersihan dan sterilisasi tempat ibadah. “Kita belum melihat untuk konteks itu beberapa hari ini, belum kita berlakukan di Aceh (ganti salat Jumat ke salat Zuhur),” kata Faisal Ali. [Randi]

Related posts