Ikuti Imbauan Wapres, Menag Setuju Zakat Mal Sebelum Ramadan

(Foto: Okezone)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan setuju agar zakat bagi umat Islam dimajukan sebelum bulan Ramadhan tahun ini. Hal itu sesuai imbauan Wakil Presiden Ma’aruf Amin terkait pembayaran zakat sebaiknya dimajukan di tengah wabah virus corona.

“Kami sependapat bahwa yang dimaksud oleh bapak wapres adalah zakat mal atau zakat harta,” ujarnya, Sabtu (4/4).

Langkah tersebut dinilai baik mengingat wabah covid-19 atau virus corona banyak berdampak pada perekonomian. Sehingga dalam kondisi ini, kata Fachrul, banyak masyarakat membutuhkan bantuan.

Ia pun menjelaskan tidak ada ketentuan waktu yang mengikat ketika membayar zakat mal. Selama syarat waktu dan besaran zakat atau nisab sudah terpenuhi, katanya, zakat bisa dibayarkan kapan saja.


Hal itu berbeda dengan zakat fitrah yang ketentuan waktu pembayarannya yakni satu sampai dua hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Untuk itu bagi yang sudah memenuhi syarat waktu dan besaran zakat, Fachrul meminta agar segera membayar meski belum masuk periode ramadan.

“Kemenag akan menerbitkan imbauan kepada perorangan atau badan-badan pengumpul zakat, utamanya Baznas dan LAZ untuk segera proaktif melakukan tugasnya mengumpulkan zakat dan membagikannya kepada korban covid-19 yg memerlukan,” tuturnya.

Ma’ruf sebelumnya mengimbau agar pengumpulan zakat dimajukan di tengah wabah corona. Ia mengatakan kondisi sekarang memungkinkan umat Islam menyalurkan zakat tanpa menunggu ramadan. [Sumber: CNN]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Di tengah wabah virus corona, tidak menghambat warga untuk beribadah.Warga tetap menggelar salat Jumat berjamaah, meskipun Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh sudah mengeluarkan imbauan agar mengganti salat jumat ke dzuhur. Dari informasi yang diperoleh, salah satu masjid yang tetap menggelar salat Jumat, (3/4) ialah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Sementara, 15 masjid lainnya tidak menggelar salat jumat berjamaah, karena imbauan MPU Aceh. Di Masjid Raya Baiturrahman saat salat Jumat, meskipun jamaah tidak seramai salat Jumat seperti biasanya, namun jamaah tetap khidmat untuk beribadah. Para jamaah juga telah menerapkan Phsycal Distancing (jarak) dengan berjarak satu meter antarshaf. Jika jamaah tetap berdiri rapat, petugas remaja masjid yang sudah berjaga akan mengarahkan jamaah agar menjaga jarak satu sama lain. Remaja masjid ini disebar di setiap titik ruangan masjid. Tempat cuci tangan disediakan di halaman masjid Raya Baiturrahman. (Kanal Aceh/Randi) Di pekarangan Masjid Raya Baiturrahman juga sudah disedikan tempat cuci tangan bagi jamaah yang sudah beribadah. Mereka akan diarahkan untuk mencuci tangan sebelum meninggalkan masjid. Sekretaris MPU Aceh, Murni, mengatakan pihaknya telah menerbitkan Taushiyiah Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan ibadah dan kegiatan sosial keagamaan lainnya dalam kondisi darurat. selanjutnya baca di www.kanalaceh.com #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #physicaldistancing #shalatjumat #socialdistancing #cegahcorona #antisipasi #covid_19 #masjid #masjidrayabaiturrahman #warga

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts