Nenek 97 Tahun di Brasil Sembuh dari COVID-19

Ilustrasi. (net)
--Ads--
loading...

(KANALACEH.COM) – Seorang nenek di Brasil, Gina Dal Colleto (97), tercatat sebagai pasien berusia paling lanjut yang berhasil sembuh dari penyakit virus corona 2019 atau COVID-19 di negara itu. Dal Colleto telah dirawat di rumah sakit sejak 1 April hanya sedikit yang bisa mengira dia akan selamat dari virus mematikan itu dan meninggalkan rumah sakit pada Minggu, 12 April 2020.

Dia diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit Vila Nova Star di Sao Paulo dengan kursi roda dan diiringi tepuk tangan dokter dan perawat rumah sakit itu. Dal Colleto menjadi korban tertua COVID-19 yang diketahui di Brasil–negara Amerika Latin yang paling parah dilanda wabahpenyakit itu.

Dia tinggal sendirian di kota pelabuhan Santos. “Bahkan dengan hampir seabad kehidupan, Gina memiliki rutinitas yang sangat aktif dan menikmati berjalan, berbelanja, dan memasak. Dia memiliki enam cucu dan lima cicit,” kata Reuters memberitakannya, Senin 13 April 2020.

Ads

Selama 12 hari, Dal Colleto dirawat intensif di rumah sakit, lengkap dengan dukungan ventilator. Pemulihannya yang tak terduga adalah secercah harapan di Brasil, di mana virus corona itu telah membuat sistem kesehatan publik kewalahan dan memunculkan debat politik yang sengit tentang cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus.

Berdasarkan data peta sebaran kasus COVID-19 yang dibuat oleh Johns Hopkins University, Brasil memiliki kasus terkonfirmasi infeksi virus corona sebanyak 22.318, dengan korban meninggal 1.241 orang. Namun, Negeri Samba itu tidak melaporkan berapa banyak pasien yang sembuh dari virus yang pertama kali menyebar di Wuhan, Provinsi Hubei, Cina, itu.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah meremehkan langkah pembatasan aktivitas sosial (social distancing) yang diberlakukan oleh gubernur negara bagian, bahkan oleh pejabat kesehatannya sendiri. Dia justru ingin ekonomi dimulai kembali, dengan alasan bahwa penghentian yang lama menimbulkan risiko yang lebih besar daripada penyakit yang sudah menjadi pandemi itu.

Bolsonaro mengatakan, dia berpikir bahwa virus corona sedang dalam perjalanan keluar dari Brasil, meskipun tidak memberikan penjelasan. “Tampaknya masalah virus mulai hilang, tapi pengangguran akan datang, ini sulit. Kita harus melawan dua hal ini,” ujar dia dalam sebuah siaran televisi bersama para pemimpin agama. [TEMPO]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pasien terakhir positif corona di Aceh berinisial AJ (60) tak kuasa menahan haru saat pihak Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA), Banda Aceh mengumumkan dirinya telah sehat dan negatif corona. RSUZA menyatakan AJ, mulai hari ini, Senin, 13 April 2020 sudah bisa pulang ke rumahnya, setelah 20 hari menjalani perawatan di rumah sakit pelat merah itu. Kepulangannya juga diantar langsung oleh petugas medis ke rumahnya di Desa Lampaseh, Kota Banda Aceh. AJ memiliki riwayat berpergian dari Padang, Sumatera Barat, dan transit ke Medan, lalu tiba di Banda Aceh pada 9 Maret 2020. Selama dalam perjalanan itu, ia mengakui bahwa kesehatannya biasa-biasa saja dan tidak ada gejala apapun. Gejala itu muncul ketika ia memeriksa kesehatannya ke RSUZA. Lima hari di rawat, ia dibolehkan pulang, sembari menunggu hasil swab dari Jakarta tiba. Tak berselang lama AJ kembali mendatangi rumah sakit untuk memeriksa keluhan demam, batuk dan penyakit penyerta lainnya. Di waktu bersamaan hasil swab keluar, dan AJ dinyatakan positif corona. AJ, bahkan tidak mengetahui kapan dan dimana ia terjangkit virus corona tersebut. Menurutnya, selama melakukan perjalanan ke luar kota, kondisi tubuhnya sehat. “Awalnya saya tidak ada gejala apa-apa. Naik pesawatpun tidak ada apa-apa, kemudian hasil swab tiba-tiba positif. Dapatnya (tertular) itu saya tidak tau dimana, di jalan atau dimanalah,” kata AJ, saat hendak pulang ke rumahnya dari RSUZA. selanjutnya baca di www.kanalaceh.com #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #pasien #positifcorona #negatifcorona #covid19 #masker #himbauan #pemerintah #warga #masyarakat

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on