500 Rohingya Sudah Tak Terpantau di Perairan Aceh

Pemantauan lewat udara. (Dok. Polairud Polda Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dua kapal yang mengangkut 500 pengungsi Rohingya, Myanmar sudah tidak terlihat mengarah ke perairan Indonesia, khususnya Aceh. Kabar terakhir mereka sempat mengarah ke Aceh dalam posisi di perairan Pulau Andaman.

Dirpolairud Polda Aceh, Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro mengatakan, kapal motor yang mengangkut pengungsi Rohingya hingga kini tidak terpantau masuk perairan Aceh. Setelah razia rutin dilakukan pihaknya.

“Sampai saat ini tidak ada kapal motor yang dilaporkan membawa imigran Rohingya masuk perairan Aceh. Kami terus memantau perairan Aceh untuk memastikan apakah ada kapal imigran tersebut atau tidak,” kata Jemmy Rosdiantoro dalam keterangannya, Selasa (19/5).

Baca: Ditpolairud Polda Aceh: 500 Pengungsi Rohingya Terpantau di Perairan Andaman

Sebelumnya, diinformasikan 500 imigran Rohingya menggunakan dua kapal motor menuju Malaysia mereka terpantau di perairan Andaman. Namun, kata Jemmy, tidak menutup kemungkinan mereka akan singgah di Indonesia dalam berbagai keperluan.

“Memang benar ada sekitar 500 orang pengungsi Rohingya dari Myanmar bergerak menuju Malaysia menggunakan 2 kapal motor, tidak menutup kemungkinan karena satu dan lain hal akan singgah di Indonesia,” ujar Jemmy.

Menurutnya Indonesia belum meratifikasi masalah pengungsi, dikawathirkan jika singgah di Indonesia akan membuat masalah baru apalagi dalam situasi wabah virus corona (Covid-19). [Randi]

Related posts