Satu OTG Positif Corona di Lhokseumawe Dinyatakan Kembali Negatif

ODP Bertambah 7 Kasus, Usai Pemantauan 1.537 Orang
Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani. (ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Satu Orang Tanpa Gejala (OTG) yang positif Covid-19 berinisial MS (42), warga Kota Lhokseumawe, sudah bebas dari virus corona, dan sudah dijemput dari Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara.

Kabar baik itu juga dibenarkan oleh Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani yang akrab disapa SAG, Selasa (16/6).

SAG menjelaskan, MS dinyatakan sembuh berdasarkan dua kali pemeriksaan swab lendir tenggorokan dan lendir hidungnya dengan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) di Laboratorium Litbangkes Aceh, Meunasah Jagung, Aceh Besar, hasilnya negatif, masing-masing tanggal 11 Juni dan 15 Juni 2020.

Ads

Baca: Pulang dari Medan, Dua Warga Lhokseumawe Terkonfirmasi Positif Corona

“Alhamdulillah, semoga istri dan keluarga MS yang lain juga segera sembuh. Mari kita berdoa kepada Allah SWT untuk kesembuhan sanak-saudara MS yang masih dirawat di RSUCM Lhokseumawe,” ujar SAG.

Baca: Klaster Keluarga Munculkan Transmisi Lokal COVID-19 di Lhokseumawe

Sementara itu jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh hari ini sudah mencapai 2.221 orang. Ada penambahan ODP baru sebanyak 4 orang dibandingkan data kumulatif kemarin, yang  berjumlah sebanyak 2.217 orang.

“ODP yang masih dalam pemantauan Gugus Tugas Covid-19 kabupaten/kota  sebanyak 160. Sedangkan sebanyak 2.061 orang sudah selesai menjalani proses pemantauan atau isolasi secara mandiri,” jelas SAG.

Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), lanjutnya, sebanyak 115 kasus. PDP yang masih dirawat saat di rumah sakit rujukan Covid-19 kabupaten/kota,  saat ini, sebanyak 1 orang. PDP yang sudah sembuh sebanyak 113 orang. PDP yang meninggal di Aceh hanya 1 orang, dan meninggal pada 26 Maret 2020.

Sedangkan jumlah orang yang Positif Covid-19 hingga saat ini sudah mencapai 27 orang. Pasien positif Covid yang masih dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 kabupaten/kota sebanyak 6 orang, yang sudah sembuh atau bebas virus corona sebanyak 20 orang, dan 1 orang meninggal dunia. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara terdapat transmisi lokal virus corona (Covid-19) yang berasal dari klaster keluarga yang berinisial MS (42) dan DL (41), yang dinyatakan positif corona pada 10 Juni lalu. Penularan lokal itu terjadi setelah 23 orang yang pernah kontak langsung dan keluarga MS dan DL, dilakukan pemeriksaan tes swab. Hasilnya, lima diantaranya terkonfirmasi positif corona. Kelimanya merupakan anak, saudara ipar dan mertua dari pasien MS dan DL. Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif mengatakan penularan itu diketahui berasal dari MS dan DL. “Iya benar. Sudah terjadi penularan lokal di Aceh tepatnya di Lhokseumawe dan Aceh Utara,” kata Hanif saat dikonfirmasi, Senin (15/6). Baca: Hasil Swab, 5 Orang Terkonfirmasi Positif Corona di Lhokseumawe MS dan DL merupakan orang tanpa gejala (OTG). Semua orang yang pernah kontak dengan pasien tersebut masih di tracking, termasuk keluarganya. Kelima kasus baru ini berinisial YI (13), MH (14), JH (16), SH (45), dan SH (63), mereka diisolasi di RSUD Cut Mutia (RSUCM) Lhokseumawe. “Kelimanya diisolasi di RSUCM untuk perawatan dan pemantauan lebih lanjut,” katanya. Selengkapnya klik di www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #ruangisolasi #transmisilokal #klaster #keluarga #tesswab #positifcorona #imbascorona #cegahcorona #pulangkampung

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on