Seekor Gajah Jinak di CRU Sampoiniet Ditemukan Mati

Warga temukan gajah mati di perkebunan Aceh Timur
Ilustrasi, Gajah betina yang mati diidentifikasi. (Ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Seekor gajah jinak yang bernama Ollo di CRU Sampoiniet, Aceh Jaya ditemukan tewas. Saat ini sampel organ yang meliputi hati, jantung, usus, limpa dan lidah gajah itu dikirim ke pusat laboratorium forensik untuk selidiki.

Kematian gajah jantan yang berusia 24 tahun itu juga dibenarkan oleh Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto. Kata dia, sehari sebelum kematian gajah ollo, kondisinya terlihat normal tidak ada tanda-tanda kesehatannya menurun.

Bahkan pada saat pagi hari gajah ollo masih melakukan aktivitas rutinnya yaitu membawa pelepah kelapa untuk dimakannya dan gajah-gajah jinak lainnya.

Ads

“Kondisinya sebelumnya baik-baik saja, tidak ada laporan sakit. Tapi nanti kita pastikan lagi penyebabnya,” ujarnya, Jumat (14/8).

Dari hasil olah TKP, lanjut Agus tidak ditemukan adanya barang yang mencurigakan. Sedangkan dari hasil nekropsi yang dilakukan oleh dokter hewan, juga tidak ditemukan tanda kekerasan fisik seperti luka tusuk, sayat, peluru, sengatan listrik ataupun benturan benda tumpul.

“Pada pemeriksaan organ dalam, secara makroskopis ditemukan abnormalitas berupa organ dalam terlihat anemis (pucat), hiperemi dan sianosis pada bagian usus, ditemukan juga banyak cairan pada jantung, jantung pada bagian apek juga diselaputi oleh lemak,” jelas Agus.

Guna mengetahui kepastian penyebab kematian gajah Ollo, sampel organ gajah tersebut sudah dibawa ke laboratorium. [Randi]