Jumlah Swab yang Diperiksa di Aceh Masih Jauh dari Rasio Standar WHO

Ilustrasi, Tes swab. (ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh saat ini baru melakukan tes swab kepada 12.773 warga dari bulan Maret 2020 lalu. Dari jumlah itu, secara kumulatif 3.784 terkonfirmasi positif virus corona.

Jubir Satgas Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani mengakui jumlah tersebut masih belum memenuhi rasio standar yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bila membandingkan dengan jumlah penduduk Aceh sebanyak 5 juta jiwa.

Namun, Saifullah enggan menyebut angka berapa lagi jumlah sample swab diperiksa, untuk memenuhi rasio standar WHO dan Kemenkes. “Itu tekhnis sekali, harus sama orang surveilans atu Dinkes,”

Ads

“Pemeriksaan spesimen swab terus ditingkatkan, hingga memenuhi standar yang ditetapkan WHO dan Kementerian Kesehatan,” ujar Saifullah saat dikonfirmasi, Rabu (23/9).

Saat ini jumlah pasien positif corona di Aceh mencapai 3.784 kasus. Dengan rincian, 1904 di rawat, 1.738 sembuh dan 142 meninggal dunia.

Sementara, jumlah total pasien Covid-19 dirawat di Aceh saat ini mencapai 1.904 orang, 133 orang sedang dirawat di rumah sakit rujukan dan 1.809 lainnya melakukan isolasi mandiri atau di tempat isolasi yang disediakan Pemerintah Aceh, dan kabupaten-kota. [Randi/ril]