Program Kotaku Bangun Gedung Pasar Rakyat di Subulussalam

Program Kotaku Bangun Gedung Pasar Rakyat di  Subulussalam. (Kanal Aceh/Satria Tumangger)
--Ads--
loading...

Subulussalam (KANALACEH.COM) – Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Subulussalam membangun gedung pasar rakyat di Desa Subulussalam Utara Kecamatan Simpang kiri.

Peletakan batu pertama pembangunan pasar tersebut langsung dilakukan oleh Wali Kota Subulussalam Affan Alfian Bintang didampingi Wakilnya Salmaza, Dandim 0118 Letkol Inf Winas Kurniawan, Kapolres AKBP Qori Wicaksono, Sekda Ir Taufik Hidayat dan disaksikan oleh Kadis PUPR Alhaddin, Kadis Perhubungan Sahidin, Kadis UKM Asmial, Camat Simpang Kiri Rahmayani Sari Munthe serta Korkot Kotaku Subulussalam Eka Ariandi.

“Tahun ini, Kotaku Subulussalam mendapat BPM PPMK Livelihood berbasis infrastruktur untuk kampong Subulussalam Utara yaitu gedung pasar rakyat dilengkapi fasilitas sumur bor, MCK, Tower Hyidran Umum dan Wastafel dengan anggaran sebesar Rp 1 Miliar,” Kata Korkot 07 Kotaku Subulussalam Eka Ariandi, Jumat (16/10).

Ads

Pembangunan yang berkapasitas 48 pedagang tersebut, akan dilaksanakan secara swakelola oleh KSM Berkah, BKM Hidayatullah dibawah dampingan Tim Konsultan SK Kumuh Korkot 07 Kotaku Kota Subulussalam.

Selain itu, Kata Korkot Eka Ariandi, program itu juga akan membangun box culvert 1 unit, jalan rabat beton sepanjang 101 Meter, talud 60 Meter, pengadaan tong sampah 3 in 1 sebanyak 10 unit, pembangunan saluran induk 160 Meter dan pembangunan tempat parkir 1 paket.

Tujuan pembangunan gedung tersebut merupakan pemenuhan sarana dan prasarana pedagang untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya Subulussalam Utara, intervensi tingkat kekumuhan dan memberikan akses nyaman kepada konsumen yang ingin berbelanja.

Ia berharap kepada semua pihak baik pemerintah maupun perusahaan swasta di kota Subulussalam agar dapat bersinergi mendukung program Kotaku, sehingga pembangunan gedung tersebut bisa tuntas pada tanggal 31 Desember 2020 dan dapat berkelanjutan.

Sementara itu, Wali Kota Subulussalam Affan Bintang mendukung program tersebut dan juga berharap dukungan semua pihak, agar pembangunan berjalan lancar dan segera dapat difungsikan.

“Mudah-mudahan pembangunan berjalan dengan baik, agar segera bisa ditempati oleh masyarakat untuk berjualan, ini akan mendongkrak perekonomian masyarakat,” kata Bintang. [Satria Tumangger]