27.2 C
Banda Aceh

3,3 Juta Warga Aceh akan Mulai di Vaksin pada Maret

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Satgas Covid-19 Pemerintah Aceh menyebutkan bahwa program vaksinasi di Aceh dijadwalkan akan di mulai pada Maret 2021 mendatang. Vaksinasi itu akan diberikan kepada 3,3 juta warga.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan, vaksinisasi tersebut akan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan, tenaga pendukung di fasilitas kesehatan, dan peserta BPJS penerima bantuan iuran.

“Para pelayan publik itu sekitar 3 ribu orang dan terakhir itu masyarakat dan pelaku ekonomi sekitar 1,8 juta orang. Ini sekali lagi adalah angka estimasi dan kemungkinan Aceh akan mulai pada Maret 2021 nanti,” kata Saifullah kepada wartawan, Senin (4/1).

- Advertisement -

Saifullah bilang data tersebut merujuk pada surat Dirjen P2P Kementerian Keseatan RI tanggal 19 Oktober 2020, Aceh akan mendapatkan vaksin sebanyak 3,3 juta orang.

Adapun rinciannya adalah tenaga kesehatan dan tenaga pendukung di fasilitas kesehatan sekitar 40 ribu orang, peserta BPJS penerima bantuan iuran itu sekitar 1,8 juta orang, para pelayan publik itu sekitar 3 ribu orang dan masyarakat serta pelaku ekonomi sekitar 1,8 juta orang.

“Ini adalah angka estimasi,” ucapnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh per Minggu (3/1) jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Tanah Rencong mencapai 8763.

Dari jumlah ini, 7571 orang dinyatakan sembuh, 837 dalam perawatan atau isolasi mandiri serta 355 orang meninggal dunia.

Sebelumnya, pemerintah mulai mendistribusikan vaksin covid-19 asal perusahaan China, Sinovac, ke 34 provinsi Indonesia sejak Minggu (3/1).

Kendati demikian, hingga saat ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) belum mengeluarkan izin darurat penggunaan atau emergency use authorization (EUA) terhadap vaksin Sinovac tersebut.

“Jadi mulai hari ini [Minggu, 3 Januari] vaksin akan kami distribusikan ke 34 provinsi. Tentu ini sudah kami siapkan juga, bahwa fasilitas didukung lebih dari 10 ribu Puskesmas, ada KKP 40 sekian, semuanya sudah disiapkan untuk rantai dinginnya menerima vaksin ini,” kata Juru Bicara Vaksinasi Vaksin Covid-19 dari PT Bio Farma Bambang Heriyanto dalam acara daring, Minggu (3/1) kemarin. [rand]


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru

spot_img