30.8 C
Banda Aceh

Pengirim Papan Bunga Aceh Termiskin: dari Rakyat Jelata Hingga Mantan Penjilat

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Karangan bunga hingga spanduk berjejer di depan kantor Gubernur Aceh di Banda Aceh. Karangan bunga itu berisi ucapan selamat atas prestasi Aceh yang menjadi provinsi termiskin di Sumatera.

Pantauan kanalaceh.com, karangan bunga itu tersebar di sisi kiri dan kanan depan kantor Gubernur Aceh. Papan bunga itu berjejer rapi.

Karangan bunga itu juga mencantumkan nama elemen masyarakat seperti Mugee Eungkot, Rakyat Jelata, Mantan Penjilat dan sebagainya.

- Advertisement -

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah orang miskin Indonesia sebanyak 27,55 juta orang di September 2020. Angka tersebut setara 10,19% secara nasional.

Sementara untuk di Pulau Sumatera, data penduduk miskin juga bertambah. Termasuk Provinsi Aceh yang jumlahnya bertambah 19 ribu jiwa.

Jumlah itu juga menyalip Provinsi Bengkulu. Sehingga dengan bertambahnya jumlah penduduk miskin, mengantarkan Aceh menjadi juru kunci jumlah penduduk termiskin di Pulau Sumatera.

Adapun data presentasi jumlah penduduk miskin di Pulau Sumatera ialah,

Kepulauan Bangka Belitung 4,89%.

Kepulauan Riau 6,13%.

Sumatera Barat 6,56%.

Riau 7,04%.

Jambi 7,97%.

Sumatera Utara 9,14%.

Lampung 11,84%.

Sumatera Selatan 12,98%.

Bengkulu 15,30%

Aceh 15,43%

Sebelumnya BPS Aceh merilis bahwa jumlah penduduk miskin di Tanah Rencong mengalami penambahan sebanyak 19 ribu orang pada September 2020.

Dengan demikian, jumlah penduduk miskin di provinsi paling barat Indonesia itu saat ini berjumlah 833,91 ribu orang atau 15,43 persen.

Kepala BPS Aceh, Ihsanurijal mengatakan, pada September 2020, jumlah penduduk miskin di Aceh sebanyak 833,91 ribu orang (15,43 persen), bertambah sebanyak 19 ribu orang dibandingkan dengan penduduk miskin pada Maret 2020 yang jumlahnya 814,91 ribu orang (14,99 persen).

“September 2019 tahun lalu belum terdampak Covid-19, kemiskinan Aceh sebesar 15,01 persen, kemudian turun lagi Maret 2020 sebesar 14,99 persen, dan selanjutnya September 2020 lalu dengan adanya pandemi Covid-19, tidak hanya di Aceh tapi juga nasional, kemiskinan Aceh meningkat menjadi 15,43 persen,” kata Ihsanurijal di Banda Aceh, Senin (15/2).


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Syarat Untuk Mendapatkan Bantuan Hewan Ternak Pada Dinas Pertanian Abdya

Blangpidie (KANALACEH.COM) - Untuk masyarakat atau kelompok tani Aceh barat Daya (Abdya) yang ingin mendapatkan bantuan hewan ternak harus memiliki SIMLUH ( Sistim informasi penyuluh)Kepala...

Oknum PNS yang Tertangkap Mesum di Ulee Lheue Dicambuk

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Oknum PNS yang terciduk berduaan di dalam mobil di kawasan Ulee Lheue, Banda Aceh akhirnya dieksekusi cambuk 18 kali, di...

5 kegiatan seru yang bisa dilakukan saat hujan

(KANALACEH.COM) - Turunnya hujan seringkali disesalkan sebagian orang. Hal ini karena turunnya hujan dianggap tidak bisa melakukan aktivitas apapun. Padahal itu salah besar! Lima...

Karena Sakit Hati Jadi Alasan Oknum PNS Bakar Kantor Bupati Bireuen

Banda Aceh (KANALACEH.COM) - Personel Polres Bireuen menangkap pelaku pembakaran kantor bupati setempat berinisial HE, yang tak lain merupakan pegawai negeri sipil yang bekerja...

Berita Terbaru