Besi Jembatan Lae Cikala Aceh Singkil Raib

  • Whatsapp

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Jembatan penghubung antar desa yang berada di Desa Persiapan Lae Cikala Kecamatan Suro, Aceh Singkil, yang putus akibat banjir pada tahun lalu, hingga kini belum juga diperbaiki. Akibatnya, besi-besi jembatan dicuri oknum tak bertanggungjawab.

Hal ini diketahui oleh Pj Kepala Desa Persiapan Lae Cikala Muhammad Daud atas laporan dari salah satu warganya yang tinggal tak jauh dari jembatan.

“Dari pemilik warung didekat jembatan, katanya, besi jembatan ada yang mengambil. Kemudian saya cek pada pagi harinya, memang kenyataanya begitu,” kata Daud saat ditemui di Desa Persiapan Lae Cikala, Kemarin.

Setelah dilakukan pengcekan, ungkap Daud, besi palang atas jembatan hilang sekitar 8 sambung dan legger bawah.

“Dari bentuk barang (besi) yang dipotong sepertinya modus pencurian menggunakan tabung gas elpiji, ada bekas potongannya dan barang sisa yang belum sempat terpotong,” ungkapnya.

Peristiwa pencurian menurut Daud, terjadi pada Selasa pekan lalu. Kejadiannya pada malam hari dan kondisi pada saat itu sedang turun hujan. Ia menduga si pencuri bukan warga setempat.

Atas peristiwa ini, pihaknya juga telah melaporkan pencurian besi jembatan kepada pihak berwajib. Bahkan menurut informasi yang Ia dapat, beberapa hari yang lalu Dinas terkait juga telah turun ke lokasi untuk mengecek jembatan.

Selaku Pj Kepala Desa, Daud berharap kepada pemerintah daerah agar secepatnya memperbaikinya, mengingat jembatan ini merupakan akses satu-satunya warga menuju ke kecamatan, pasar dan keperluan lainnya.

Semakin lama tidak diperbaiki, Ia khawatir besi-besi jembatan lambat laun akan habis dicuri.

Jembatan itu putus total akibat diterjang banjir bandang pada September tahun 2020 lalu. Meski telah dibuat jembatan darurat disebelahnya, tetap saja membuat aktivitas warga di wilayah itu menjadi terganggu. (Kdf)

Related posts