Musrenbang Sabang, Wali Kota Harap Strategi Pembangunan Bisa Lebih Terarah

Musrenbang Sabang, Wali Kota Harap Strategi Pembangunan Lebih Terarah. (ist)

Sabang (KANALACEH.COM) – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sabang menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah kota (RKPK) Sabang tahun 2022 di Aula Bappeda Kota Sabang.

Wali Kota Sabang Nazaruddin mengatakan bahwa permasalahan pembangunan saat ini semakin rumit dan menjadi tantangan tersendiri bagi Kota Sabang untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan kinerja pembangunan, melalui pengembangan perekonomian daerah. Kemudian membangun sektor-sektor unggul serta mengoptimalkan sumberdaya lokal secara lebih optimal.

“Untuk itu diperlukan pemikiran dan pemahaman yang positif dalam membangun konsep dan strategi pembangunan secara lebih terarah, terpadu, serta bersinergi antar sektor. Saat ini Sabang terfokus pada dua sektor yaitu, sektor pariwisata dan sektor perikanan,” kata Nazaruddin, Senin (29/3).

Ia berharap agar Musrenbang itu dapat menjadi wadah dalam mensinergikan program-program dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Wali Kota juga mengajak serta Forkompinda Kota Sabang agar bersama-sama semaksimal mungkin untuk membangun Sabang.

Sementara itu, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan (DKPM PP) Sekretariat Wakil Presiden RI Suprayoga Hadi menjelaskan kini banyak hal yang harus dipertimbangkan Pemerintah Kota Sabang selain infrastruktur yang menjadi pokok utama.

“Pemulihan ekonomi dan reformasi struktural, juga tidak luput menjadi hal yang harus diperhatikan terutama dalam bidang industri, pariwisata, ketahanan pangan, UMKM, infrastruktur, transformasi digital, pembangunan, reformasi perlindungan sosial, reformasi pendidikan dan keterampilan, serta reformasi kesehatan,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, prioritas infrastruktur pemetaannya dapat dibagi ke dalam lima case model kriteria proyek atau output prioritas yaitu aspek strategis, ekonomi, finansial, komersil, dan aspek manajemen. Ia berharap yang disampaikannya dapat menjadi bahan perencanaan pada Musrenbang tahun 2022 nantinya.

Wakil Rektor I Universitas Syiah Kuala Prof Marwan mengatakan pihaknya siap untuk terus membantu Pemerintah Kota Sabang terutama dalam upaya bersama untuk mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Kita harus terus memperkuat komunikasi partisipatif dengan kebersamaan, kekompakan, keikhlasan dan saling pengertian. Semua harus dilibatkan baik masyarakat, pengusaha, pemerintah, perguruan tinggi dan tentunya media. Kita berupaya tetap harus bersinergi,” ujarnya.

Prof Marwan turut mengucapkan selamat melaksanakan Musrenbang dengan harapan dapat menghasilkan program yang strategis untuk kesejahteraan masyarakat. (ant)

Related posts