Sempat Tiga Kali Tertunda Pukesmas Blangpidie Senilai 6,25 Milyar Akhirnya Diresmikan

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Bangunan baru Puskesmas Blangpidie di Desa Geulumpang Payong, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa (23/3) akhirnya resmi difungsikan pasca dibangun pada tahun 2020 lalu.

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dalam kesempatan itu mengatakan, Puskesmas Blangpidie harus menjadi Puskesmas yang terbaik. Hal itu harus terwujud lantaran Puskesmas Blangpidie telah didukung dengan kondisi bangunan baru yang sangat baik, tenaga kesehatan yang masih energik, termasuk fasilitas pendukung lainnya, sehingga harus mampu menjadikan Puskesmas yang berlokasi di ibu kota kabupaten menjadi Puskesmas terbaik.

“Fasilitas sudah baik, tenaga kesehatannya baik-baik, prestasinya juga harus baik. Caranya baik dengan sungguh-sungguh dalam bekerja, gaji yang sudah tentu dapat dan minta juga akan didapat jika bekerja dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, ”paparnya.

Menurut Akmal, kesehatan adalah bidang prioritas sehingga harus dimasukan dalam pelayanan dasar dalam pemerintahan. Karenanya aturan-aturan yang menjaga agar tujuan kesehatan tetap bagus adalah data anggaran yang mencukupi dan memadai.

Mengenai anggaran, Pemkab Abdya sudah siap anggaran yang cukup besar, sebab selama kepemimpinan Akmal Ibrahim, masalah kesehatan dan pendidikan merupakan dua hal yang menjadi prioritas.

“Saya mengenai masalah kesehatan dan pendidikan sangat loyal. Jadi kedepannya, tetap utamakan pelayanan yang baik. Ini Puskesmas paripurna pertama di Abdya, wajar karena di ibu kota kabupaten dan Puskesmasnya harus yang paling layak dan memiliki pelayanan yang baik, ”tuturnya.

Ditambahkan, pasca Puskesmas Blangpidie di gedung baru, untuk gedung bekas Puskesmas Blangpidie akan ditempati Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DPMPTSP dan Trans) Abdya.

Karenanya dia mengingatkan Sekda Abdya untuk menyiapkan segala sesuatunya, seperti perbaikan gedung dan keperluan lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Safliati SST Mkes menyebutkan, pembangunan Puskesmas Blangpidie merupakan realokasi dari Puskesmas yang lama ke Puskesmas yang baru.

Pembangunan Puskesmas Blangpidie ini dilakukan tiga kali dengan berbagai permasalahan dan permasalahan, sehingga pada tahun 2020 baru dapat dibangun.

Puskesmas Blangpidie tersebut dibangun dengan menggunakan DAK tahun 2020 sebesar Rp. 6,25 lebih yang dikerjakan PT. Fata Perdana Mandiri. Puskesmas itu juga sudah terakreditasi dengan status dasar. “Kita berharap kedepannya di reakreditasi agar dapat berganti status menjadi madya atau utama”.

Related posts