106 Dosis Vaksin di Sabang Rusak

Sabang (KANALACEH.COM) – Cakupan vaksinasi di Kota Sabang hingga Rabu (28/7) sudah mencapai 10.112 orang. Tercatat, dari total tersebut yang telah menjalani penyuntikan dosis pertama sebanyak 7186 orang, sementara pada penyuntikan dosis kedua sebanyak 2926 orang.

“Sampai saat ini, warga yang sudah di vaksin dosis pertama dan kedua sebanyak 10.112 orang, dari total sasaran 33.492 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana, Firdiansyah SKM.

Dia menjelaskan, vaksinasi dilakukan kepada tenaga kesehatan, petugas publik dan tenaga pendidik, lansia, serta masyarakat umum di Kota Sabang.

“Vaksinasi perdana yang kita lakukan 10 Februari 2021 lalu, terfokus pada tenaga kesehatan dan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sabang. Selanjutnya diikuti sektor publik lainnya dan masyarakat,” ujar Firdiansyah.

Kadinkes dan KB Kota Sabang merincikan, dari total 10.112 tersebut terbagi atas, tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 723 orang untuk dosis pertama, dan dosis kedua 692 orang.

Lanjutnya, dari petugas publik dan tenaga pendidik keseluruhan yang sudah mengikuti vaksin pertama sebanyak 3545 orang, sedangkan pada vaksin kedua sejumlah 1744 orang.

“Untuk lansia di Kota Sabang, sudah kami berikan vaksin dosis pertama kepada 225 orang dan 62 orang pada dosis kedua,” jelasnya.

Kemudian, terdapat 2693 orang masyarakat umum yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama, 428 orang untuk dosis kedua.

Pendistribusian vaksin ke Kota Sabang seluruhnya mencapai 11.838 dosis dan yang terpakai hingga saat ini sebanyak 10.112 dosis dengan menyisakan 1726 dosis. Namun, dari jumlah tersebut, terdapat 106 dosis yang error yang disebabkan expired, pecah saat pelaksanaan dan rusak.

“Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan capaian target vaksinasi ini. Tentunya agar seluruh lapisan masyarakat bisa membentengi tubuhnya dan terhindar dari Covid-19,” ucapnya.

Firdiansyah juga mengatakan sebagai strategi percepatan capaian vaksinasi, Pemko Sabang bekerja sama dengan TNI/Polri membuka layanan vaksinasi massal mulai dari 26 Juni 2021 hingga saat ini di berbagai delapan titik yakni, di RSUD Kota Sabang, Puskesmas Sukajaya, RS AL J. Lilipory, Puskesmas Sukakarya, Puskesmas Jaboi, Puskesmas Cot Ba’u, Puskesmas Iboih, dan Polres Kota Sabang.

Dia berharap seluruh masyarakat agar ikut mendukung program pemerintah, dengan turut ikut vaksinasi bagi yang belum, dan terus mengampanyekan vaksinasi, demi menjaga kesehatan dan terhindar dari Covid-19.

Related posts