BPJS Kesehatan Abdya Jelaskan Manfaat Fungsi SIPP

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Aceh Barat Daya (Abdya), jelaskan Manfaat PIPP ( Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan)
dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama
(FKTP). Kamis (10/9)

Hal itu guna memudahkan proses pengaduan yang dihadapi oleh peserta. Besar harapan dengan terbukanya informasi ini, pelayanan yang diberikan  semakin meningkatkan angka kepuasan peserta.

Selain itu fungsi dan implementasi aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) diantaranya seluruh Puskesmas dalam kabupaten setempat, klinik kesehatan TNI, Polri termasuk klinik kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Abdya, Yumiarti mengatakan, kegiatan itu turut seluruh kepala Puskesmas, petugas penanganan pengaduan di Puskesmas dan pelaku klinik kesehatan. Para peserta dalam kegiatan itu diberikan pemahaman terkait dasar hukumnya, fungsi dan implementasi SIPP, funsgi permintaan informasi dan penanganan pengaduan (PIPP) di FKTP serta pemanfaatan aplikasi SIPP.

“Sejumlah materi itu disampaikan langsung oleh Hafiz Fiqi Delimizar dari BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh. Hal itu penting untuk dijelaskan agar kepuasan peserta terhadap layanan FKTP semakin meningkat bahkan upaya itu juga  didukung oleh aplikasi SIPP,” ujarnya.

Ditambahkan, tujuan implementasi PIPP di FKTP tentunya meningkatkan kepuasan peserta melalui efektivitas proses pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta di FKTP, meningkatkan sinergi kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan FKTP dalam upaya peningkatan pelayanan kepada peserta, serta pengendalian atas perbaikan yang telah dilakukan. Pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan pemberian informasi termasuk penanganan pengaduan.

Untuk memastikan informasi penanganan pengaduan peserta, informasi diinput ke dalam aplikasi SIPP. SIPP merupakan sebuah kanal dimana informasi yang disampaikan kepada peserta dan penanganan pengaduan yang dilakukan serta diintegrasikan dalam sebuah sistem, sehingga dapat terdokumentasikan dengan baik.

Melalui pertemuan itu dia juga berharap peserta dapat memanfaatkan aplikasi Mobile JKN dan peserta dapat lebih mengoptimalkan kemudahan layanan program JKN-KIS khususnya terkait informasi dan penanganan pengaduan Program JKN-KIS. Apabila terdapat permasalahan atau keluhan tentang administrasi kepesertaan dan pelayanan lainnya di fasilitas kesehatan dapat segera ditangani atau direspon dengan cepat.

Lebih lanjut dikatakan, sosialisasi ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan informasi tentang aplikasi Mobile JKN dan aplikasi SIPP, serta memeperkuat fungsi PIPP di setiap Puskesmas dan klinik kesehatan dalam rangka memudahkan peserta untuk mendapatkan informasi dan pelayanan program JKN-KIS.

“Salah satu fokus utama BPJS Kesehatan sebagai lembaga pelayanan publik adalah kepuasan peserta. Maka dari berbagai kemudahan terus dihadirkan sehingga layanan kesehatan yang diterima peserta juga semakin bagus,” pungkasnya.

Related posts