Daftar Tanggal Merah Bulan Mei 2022

Jokowi teken Keppres Hari Libur Idul Fitri dan Natal 2017
Ilustrasi tanggal.

(KANALACEH.COM) – Di bulan Mei tahun ini, tercatat ada beberapa tanggal merah atau hari libur nasional yang diterapkan secara bersamaan.

Tanggal merah Mei 2022 terdiri atas sejumlah peristiwa bersejarah seperti perayaan keagamaan hingga peringatan kegiatan internasional.

Umumnya, tanggal merah di setiap bulan akan mengalami perubahan dan tidak selalu jatuh di hari yang sama setiap tahunnya.

Tapi di bulan Mei tahun ini ada sejumlah tanggal merah sebagai pertanda libur bersama yang jatuh di hari-hari biasa atau weekdays.

Adapun penetapan hari libur atau tanggal merah di Indonesia ini mengacu berdasarkan keputusan yang berlaku dari pemerintah.

Yaitu tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri yaitu Menteri Agama Nomor 375 Tahun 2022, Menteri Ketenagakerjaan Nomor 1 Tahun 2022, dan Menteri Pendayagunaan Negara dan Aparatur Birokrasi Nomor 1 Tahun 2022, tentang hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2022.

Berikut daftar tanggal merah bulan Mei 2022 yang beberapa di antaranya jatuh sebelum dan sesudah akhir pekan:

Minggu, 1 Mei: Hari Buruh Internasional
Senin, 2 Mei: Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah
Selasa, 3 Mei: Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah
Senin, 16 Mei: Hari Raya Waisak 2566 BE
Kamis, 26 Mei: Kenaikan Isa Almasih atau Kenaikan Yesus Kristus.

Di samping tanggal merah di atas, terdapat pula peringatan hari besar nasional bukan hari libur yakni Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada Jumat, 20 Mei mendatang.

Sebelumnya pada 2-3 Mei lalu, pemerintah telah menetapkan tanggal merah untuk libur Hari Raya Idulfitri 1443 H. Setelah perayaan Idulfitri, pemerintah memberlakukan cuti bersama Lebaran pada tanggal 4, 5, 6 Mei 2022.

Keputusan mengenai cuti bersama libur Lebaran itu juga sama-sama tertuang dalam SKB tiga menteri.

Selain libur Lebaran, tanggal merah selanjutnya tercatat ada di minggu ketiga dan keempat bulan Mei, sebagai libur nasional keagamaan.

Itulah beberapa daftar mengenai tanggal merah bulan Mei 2022 yang bisa Anda gunakan untuk berlibur ataupun menentukan waktu untuk mengambil cuti. [CNN]

Related posts