11 Kecamatan di Aceh Timur Terendam Banjir

Ilustrasi, banjir. (ist)

Aceh Timur (KANALACEH.COM) – Intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Aceh Timur menyebabkan 49 desa dalam 11 kecamatan terendam banjir. Hingga kini sekitar 3.145 warga mengungi ke sejumlah tempat karena rumah mereka terendam banjir.

Informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana  Aceh (BPBA) adapun 11 kecamatan yang terendam banjir masing-masing ke Birem Bayeun, Simpang Jernih, Pante Bidari, Peunaron, Ranto Peureulak, Simpang Ulim, Julok, Sungai Raya, Rantau Selamat, Peureulak, Peureulak Barat.

“Total Pengungsi saat ini mencapai 801 KK atau 3.145 jiwa,” kata Kepala BPBA, Ilyas dalam keterangannya, Selasa (8/11).

Ilyas menyebutkan ketinggian air di sejumlah lokasi bervariasi mulai 20 cm hingga 60 cm.

“Hujan deras yang terjadi di sebaagian wilayah Kabupaten Aceh Timur serta meluapnya sungai Arakundo dan Peureulak telah menyebabkan banjir dengan ketinggian air 20 – 60 cm,” katanya.

Selain itu, akibat banjir itu tiga unit rumah warga Gampong Alue Canang mengalami rusak ringan. Secara keseluruhan total korban terdampak adalah 4.979 KK atau 18.721 jiwa.

Saat ini petugas BPBD Kabupaten Aceh Timur telah melakukan koordinasi dengan pihak perangkat gampong dan instansi terkait untuk melakukan kajian, pendataan, evakuasi dan menyalurkan bantuan masa panik.

“Kondisi terakhir diperkirakan untuk kecamatan yang berada di hilir Peurelak, Birem Bayeun debit air akan terus bertambah mengingat nanti malam laut pasang purnama,” katanya.

Related posts