48 Ribu Lebih Kendaraan di Aceh Sudah Terdaftar Sebagai Penerima Biosolar Subsidi

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan, Pertamina Patra Niaga melakukan perluasan wilayah uji coba penerapan program subsidi tepat secara menyeluruh (full cycle) atau implementasi pengunaan Kode QR untuk pembelian BBM subsidi jenis Biosolar di Provinsi Aceh.

“Pelaksanaan uji coba full cycle hanya dilakukan bagi konsumen dengan kendaraan roda empat atau lebih yang menggunakan BBM Subsidi Biosolar,” ujar Satria, Kamis (5/1).

Diakuinya, uji coba 11 kota dan kabupaten dilakukan pada 1 Desember 2022 dan uji coba lanjutan di 23 kota dan kabupaten telah diterapkan pada 26 Desember tahun lalu. Masyarakat diharapkan segera melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat melalui website subsiditepat.mypertamina.id.

“Lokasi SPBU uji coba Subsidi Tepat ini berada di 34 kota dan kabupaten di Indonesia. Khusus di wilayah Sumbagut uji coba Subsidi Tepat ini dilaksanakan di Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh, Kabupaten Aceh Barat, dan Kota Banda Aceh,” katanya.

Ia menjelaskan, apabila masyarakat sudah melakukan pendaftaran program subsidi tepat dan statusnya terdaftar maka masyarakat akan mendapat Kode QR yang akan diterima melalui email atau notifikasi di website tersebut. Kode QR bisa dicetak (print out) atau discreenshot secara soft copy untuk digunakan di SPBU Pertamina.

“Satu akun di website subsiditepat.mypertamina.id dapat mendaftarkan beberapa kendaraan yang berhak membeli BBM solar subsidi sehingga satu akun dapat memiliki beberapa Kode QR sesuai kendaraan yang didaftarkan,” ujar Satria.

Menurutnya, konsumen Biosolar yang telah terdaftar dalam program subsidi tepat sebanyak 48.803 kendaraan roda empat atau lebih di wilayah Aceh. Ia mengingatkan kepada masyarakat saat ini pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus dibuka.

Konsumen perlu menyiapkan dokumen yang nantinya akan diupload melalui website yaitu Foto KTP, Foto Diri, Foto STNK (tampak depan dan belakang), Foto Kendaraan tampak keseluruhan, Foto Kendaraan tampak depan Nomor Polisi dan foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR.

“Apabila masyarakat memerlukan bantuan untuk pendaftaran bisa mendatangi posko yang ada di SPBU, nanti operator SPBU akan mengarahkan cara-cara untuk pendaftaran,” ujar Satria.

Sebagai informasi, uji coba penerapan Subsidi Tepat secara menyeluruh telah didukung oleh BPH Migas melalui Surat Kepala BPH Migas No. T-928/MG.05/BPH/2022 tentang Pelaksanaan Uji Coba Pendistribusian JBT dengan QR Code.

Volume penyaluran Solar subsidi mengacu pada Surat Keputusan BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2020 mengenai Pengendalian Penyaluran Jenis BBM Tertentu serta Surat Edaran (SE) Gubernur Aceh No. 542/21981 tentang Pengendalian Pendistribusian Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu Solar Subsidi (Biosolar) di Wilayah Aceh.

Ujicoba penerapan menyeluruh QR Code Subsidi Tepat ini bertujuan untuk menjaga hak masyarakat yang berhak membeli BBM Subsidi solar.

“Karena masih ditemukan adanya penyelewengan BBM Subsidi, maka dengan penerapan QR Code dalam pembelian BBM Solar Subsidi dapat mempersempit dan menutup celah penyelewengan BBM Solar Subsidi,” tutup Satria.

Related posts