Tanaman Padi Milik Petani di Alu Pisang Abdya Terserang Penyakit Hawar Daun

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Tanaman padi milik petani di Kecamatan Kuala Bate, tepatnya di gampong Alu Pisang Aceh Barat Daya (Abdya) mulai diserang penyakit hawar daun.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan melalui kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Darwis menyebutkan, saat ini belum bisa memastikan secara pasti luas lahan padi petani yang terserang hawar daun. Selasa (06-06-2023)

Meski demikian, pihaknya mengaku belum mendapatkan angka pasti total kerusakan tanaman padi yang terserang penyakit, karena belum mendapatkan laporan dari para penyuluh.

”Kita belum dapat laporan secara ril dari para penyuluh pertanian, berapa luas dan dimana saja wilayah¬†padi petani yang diserang penyakit tersebut, ” kata Darwis.

Namun, sebutnya bedasarkan foto yang di lihat dari awak media dia menduga itu hawar daun maupun wereng.

” Saat ini petugas dari dinas sudah turun untuk dilakukan penyomprotan guna mencegah agar tidak meluas”. Sebutnya

Kata dia, biasanya itu hawar daun jika dibiarkan maka padi akan mati. Namun, jika cepat di antisipasi maka akan pulih kembali.

“Saat ini kita juga belum memastikan berapa luas tanaman padi yang sudah terkena hawar daun”. Ungkapnya

Maka dari itu, pihaknya mengimbau agar para petani dapat terus berkoordinasi dengan para penyuluh yang sudah di tugaskan di masing-masing wilayah kecamatan. Sehingga, ketika ditemukan adanya serangan pada padi petani dapat segera ditindaklanjuti. (*)

Related posts