235 Peserta Ikut Ramaikan Turnamen Badminton Smash Cup Open Season I di Hall PB Pasha Jaya

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Turnamen bulu tangkis Smash Cup Open Season I akan digelar di hall Badminton PB Pasha Jaya, Kampung Mulia, Kota Banda Aceh. Event tersebut rencananya dihelat pada 5-9 Juli 2023 mendatang.

Sebanyak 235 peserta seluruh Aceh telah mendaftar sejak panitia menutup pendaftaran Selasa (2/7/2023).

Ketua PB Pasha Jaya Nahrawi Noerdin, mengatakan event tersebut untuk melihat  potensi atlet bulu tangkis Aceh dari seluruh daerah.

“Kita akan melihat progres mereka, yang sebelumnya semasa kita dipercaya sebagai Ketua PBSI Aceh kerap melakukan pembinaan. Jadi kita ingin melihat atlet yang menonjol untuk Aceh,” kata Nahrawi Noerdin, Rabu (3/7/2023).

Menurut Nahrawi, lewat event tersebut nantinya atlet yang potensial bakal diberdayakan untuk mengikuti event berskala nasional. Terutama dari kalangan usia dini, anak dan remaja.

“Insyaallah, bisa kita antar untuk mengikuti turnamen ke tingkat nasional,” ujarnya.

Nahrawi Noerdin menuturkan, ketika memimpin PBSI Aceh periode 2017-2021, ada beberapa atlet dari kabupaten/kota saat itu yang menonjol. Lewat turnamen Smash Cup Open Season I ini, Nahrawi ingin mengetahui progres perkembangan mereka.

“Dulu hampir semua kabupaten dan kota di Aceh punya potensi atlet bulu tangkis. Jadi kita mau tahu itu sejauh mana sekarang,” ungkapnya.

Nahrawi mengaku olahraga tepok bulu itu bukan hal yang baru digelutinya. Lewat PB Pasha Jaya, komitmen membantu Aceh untuk meraih prestasi lewat bulu tangkis telah dirintisnya sejak 8 tahun yang lalu.

“Jadi lewat turnamen ini kita ingin membantu Aceh menjaring atlet bulu tangkis yang punya potensi besar,” pungkasnya.

Turnamen Smash Cup Open Season I tersebut memperebutkan total hadiah sebesar Rp45 juta. Sedangkan untuk memeriahkan acara, selebgram Aceh Kaka Alfarisi bakal menjadi komentator.

Berikut kategori yang dipertandingkan di Smash Cup Open Season I di antaranya;

Katagori The Power of Bapak-bapak

Kategori amatir ini untuk ganda putra pemain U-85 dan diperbolehkan mantan pemain profesional. Tujuannya menampilkan Fun Badminton dengan serius. Kategori ini batas maksimal pemain 32 pasang.

Women in Smash

Kategori ini akan memainkan pertandingan antar ganda perempuan U-65. Semakin meningkatnya minat perempuan bermain badminton, event ini bisa menjadi wadah untuk mengekspresikan hobi. Untuk kategori ini pemain pro, atlet daerah, eks atlet dan pelatih yang masih aktif dilarang untuk mengikuti turnamen. Kategori ini akan memainkan maksimal 16 pasang.

Super Power

Kategori ini akan memainkan ganda putra kelas dewasa umum (bebas). Diperbolehkan untuk Atlet daerah atau eks atlet daerah atau nasional. Di kategori ini akan bertanding maksimal 64 pasang atlet-atlet terbaik di Provinsi Aceh.

Tunggal Usia Dini

Kategori ini akan memainkan single putra dan putri kelas usia dini (usia di bawah 11 tahun). Kategori ini diperbolehkan untuk pemain di seluruh Aceh, dan akan memainkan 32 pemain usia dini.

Tunggal Anak-anak

Kategori ini akan memainkan single putra dan putri kelas usia dini (usia di bawah 13 tahun). Kategori ini diperbolehkan untuk seluruh pemain di seluruh provinsi Aceh. Dan akan memainkan 32 pemain.

Tunggal Remaja

Kategori ini akan memainkan single putra dan putri kelas usia dini (usia 13 – 17 tahun). Kategori ini diperbolehkan untuk seluruh pemain di seluruh provinsi Aceh, dan akan memainkan 32 pemain.

Related posts