Tanggul Pengaman Tebing Masjid di Alu Beliong Babahrot Ambruk

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Tanggul pengaman tebing di Dusun Alu Beliong Gampong Alu Jerjak kecamatan Babahrot, kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) atau tepatnya dekat mesjid Baitul Qiram ambruk pasca dihantam banjir luapan beberapa waktu lalu. Jum’at (11-08-2023)

Keuchik Alu Jerjak Basyaruddin saat dihubungi Kanalaceh.com mengatakan, ambruknya tanggul itu setelah dihantam banjir luapan yang melanda kawasan Babahrot beberapa waktu lalu.

Basyaruddin menjelaskan, kerusakan itu sangat banyak sehinngga membutuhkan penanganan segera jika tidak rumah di Daerah Aliran Sungai (DAS) terancam terbawa arus jika banjir.

“Kerusakannya sangat banyak di sepanjang muara sungai. Jika tidak segera ditangani maka dari kebun hingga rumah warga sangat terancam”. Katanya

Selain itu juga, material tanggul yang ambruk ke dalam saluran tersebut menyebabkan masalah lain, yakni pedangkalan sungai dan jadi penumpukan sampah.

Jika kondisi rusaknya tanggul tidak segera ditanggulangi, akan terjadi rembesan kerusakan pada bagian tanggul lainnya.

Tentu kondisi tersebut akan terus memperburuk keadaan saluran air, apalagi saat ini wilayah Abdya sekitarnya sedang dalam musim penghujan.

Terkait kondisi itu, dia mengaku sudah melayangkan profosal penanganan darurat kepada Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, namun hingga kini belum ada tanggapan.

“Kami berharap, setelah laporannya kami sampaikan nanti, akan ada tindaklanjut oleh instansi terkait untuk mengangkat material tanggul yang menghambat arus air dan melakukan perbaikan,” ungkapnya.(*)

Related posts