Warga Gampong Lamsie Dapat Bantuan Sumur Bor dan Pompa Air dari Polda Aceh

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Usai mengunjungi Dayat Ruhul Fatayat di Kecamatan Seulimeum, Besar, Kapolda Aceh, Irjen Ahmad Haydar bersama pejabat utama mengunjungi Gampong Lamsie, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Kamis (21/9/2023).

Kedatangan orang nomor satu di Polda Aceh tersebut guna meresmikan bantuan sumur bor dan pompa air untuk masyarakat gampong setempat.

Rombongan disambut langsung oleh perangkat Gampong Lamsie beserta ratusan masyarakat yang hadir di lokasi, tepatnya di kawasan Kompleks Makam Pahlawan Panglima Polem.

Selain meresmikan sumur bor, Polda Aceh juga ikut menyantuni anak yatim serta memberikan paket sembako kepada warga kurang mampu, termasuk menanam puluhan pohon di sekitar kompleks makam pahlawan tersebut.

Dalam kegiatan itu, juga hadir Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, Karo SDM, Kombes Fajar Budiyanto, serta Kapolres Aceh Besar, AKBP Carlie Syahputra Bustamam beserta pihak lainnya.

Keuchik Gampong Lamsie, T Syahrial mewakili masyarakat gampong sangat berterima kasih kepada Polda Aceh yang telah memberikan bantuan ini.

“Selama ini kami kekurangan air bersih, semoga dengan adanya bantuan ini kebutuhan kami terpenuhi. Begitu juga dengan seluruh pihak terkait atas kelancaran pekerjaan ini,” ucapnya.

Syahrial pun mengungkapkan bahwa saat ini Gampong Lamsie juga masih mengalami kekurangan infrastruktur dan lainnya.

Sebagai contoh, terkait jembatan penghubung yang ada di gampong tersebut dimana kondisinya kian lama mengkhawatirkan.

“Itu (jembatan) salah satu jalur lintas, dimana jembatan permanen jatuh tahun 2000 lalu. Saat ini jembatan darurat yang dipakai dan kondisinya juga mengkhawatirkan untuk dilewati, karena tiang di tengah juga jatuh diterjang banjir,” jelasnya.

“Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolda, semoga dibalas oleh Allah SWT,” katanya.

Sementara itu, Ahmad Haydar mengatakan bahwa penyerahan sumur bor untuk kebutuhan air bersih warga ini merupakan program Polri Peduli Lingkungan Bantuan Sumur Air Bersih di Seluruh Indonesia yang digagas oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Penyerahan sumur bor untuk kebutuhan air bersih masyarakat ini adalah program Kapolri. Program ini juga selaras dengan program pemerintah untuk mengurangi dampak el nino dan mempromosikan program hidup sehat di musim kemarau panjang,” katanya.

Selain untuk mensukseskan program pemerintah, penyerahan sumur bor ini juga sebagai sarana kemitraan antara Polri dengan masyarakat.

Hal tersebut dimaksudkan agar terjalin hubungan kerja sama yang baik serta mampu menyerap informasi tentang dinamika kamtibmas di tengah-tengah masyarakat.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu wujud kepedulian Polri, khususnya Polda Aceh yang menyangkut kesejahteraan masyarakat,” ungkap mantan Kapuslabfor Polri tersebut.

Polda Aceh, kata dia, hingga saat ini masih berupaya until menambah titik sumur air bersih di wilayah lain yang membutuhkan agar masyarakat dapat terbantu.

Dalam program Polri Peduli Lingkungan ini ditargetkan akan bantu 20 sumur bor dan 20 unit pompa air di 20 lokasi di wilayah hukum Polda Aceh.

Kapolda pun berharap, fasilitas sumur air bersih ini dapat dirawat dengan baik, sehingga dapat terus digunakan dalam jangka waktu yang lama.

“Semoga dengan adanya bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat untuk masyarakat serta dapat membantu mengatasi masalah kekurangan air bersih dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya di Kecamatan Kuta Cot Glie dalam hal penyediaan air bersih,” pungkasnya.

Usai acara tersebut, Irjen Ahmad Haydar dan yang lainnya juga menyempatkan diri untuk berziarah sejenak di makam pahlawan nasional Panglima Polem.

Related posts