Pelaksanaan Pembangunan Irigasi Panton Teungku di Kuala Bate Belum Ada Kepastian

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Pelaksanaan pembangunan irigasi Panton Tungku di Gampong Kota Bahagia kecamatan Kuala Bate, kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) hingga saat ini belum ada kepastian nasibnya. Rabu (11-10-2023)

Hal itu dikatakan oleh kepala Dinas Perkerjaan Umum dan Penataan Ruang Abdya (DPUPR) melaui kabid pengairan Sabri.

Sabri mengatakan irigasi Panton Tungku itu sebelumnya sudah diusulkan untuk di bangun, namun entah bagaimana belum muncul di sistem.

” Sudah kita usulkan untuk di bangun baru sejak tahun 2020 lalu dan tiap tahun juga kita usulkan. Namun hingga kini belum jelas anggarannya”. Kata Sabri saat ditemui di ruangannya.

Menurut Sabri, untuk membangun baru irigasi itu menelan anggaran sebesar Rp 2,5 Miliyar. Kata Sabri, sebenarnya dengan angka yang lumayan besar itu bisa saja menggunakan anggaran APBK namun apa pemerintah mau. Kalau tidak harus dengan Dana Otonomi Khusus.

” Meskipun irigasi belum tentu di bangun kapan, namun perencanaannya sudah kita siapkan semua. Intinya jika ada uang langsung bisa kerjakan”. Sebut Sabri

Sementara itu Keuchik Gampong Kota Bahagia, Mustamsir sangat berharap irigasi itu untuk secepatnya dibangun, apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan. Selain itu jug tebing irigasi dan jalan sudah tergerus air.

” Saat ini banyak sawah petani yang sudah beralih fungsi, awalnya tanam padi sekarang ada yang tanam kacang dan jagung karena sebagian masyarakat disini banyak bergerak di sektor pertanian, terutama padi sawah.

Saat ini seluas 500 hektare lahan sawah petani sudah tidak menanam padi lagi.(*)

Related posts