Ethnis Rohingya yang Mengapung di Perairan Aceh Dievakuasi ke Meulaboh

Ethnis Rohingya yang Mengapung di Perairan Aceh Dievakuasi ke Meulaboh. (dok. Basarnas Banda Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Puluhan pengungsi Rohingya yang kapalnya terbalik di Perairan Aceh Barat dievakuasi dari tengah laut oleh Basarnas Banda Aceh. Mereka dievakuasi menggunakan kapal KN Kresna.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Al Hussain mengatakan, pihaknya menemukan pengungsi Rohingya itu dalam keadaan terapung pada koordinat 4°14’00″N –  95°48’00″E, Arah Barat Laut, lebih kurang 21 Nautical Miles (Mil Laut) dari pelabuhan Jetty Ujong Karang Meulaboh.

“KN. SAR Kresna melakukan proses evakuasi dan dibawa ke Pelabuhan Jetty Ujong Karang Meulaboh,” kata Al Hussain dalam keterangannya, Kamis (21/3).

BACA: Kapal Angkut Ratusan Rohingya Terbalik di Perairan Aceh Barat

Adapun total korban sebanyak 69 orang, diantaranya laki2 42 orang, Perempuan 18 orang dan juga terdapat anak-anak sebanyak 9 orang.

Sebelumnya, Satu unit boat yang mengangkut ratusan pengungsi Rohingya terbalik di perairan Aceh atau 7 mil dari Kuala Bubon, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat. Saat ini baru 6 orang yang diselamatkan hingga ke daratan.

Sekjen Panglima Laot Aceh, Azwir Nazar membenarkan ada satu kapal Rohingya karam di perairan Aceh Barat. Dia juga sudah memerintahkan siapa saja nelayan yang melintasi mereka, untuk ditolong.

Mereka pertama kali ditemukan oleh nelayan Aceh Barat yang hendak melaut dan melihat kapal yang sudah terbalik. Sementera pengungsi Rohingya itu berada di lambung kapal berdiri dan melambaikan tangan untuk meminta pertolongan.

Related posts