Jokowi Bilang: Impor Tekstil Ilegal Sama dengan Perusak!

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, impor tekstil ilegal yang beredar di pasar-pasar Indonesia adalah perusak industri nasional yang membuat pasar domestik jadi rusak.

Pernyataan Jokowi ini disampaikan ketika melakukan peninjauan penindakan empat kontainer yang berisi muatan impor tekstil ilegal.

“Selain tidak memberi penerimaan pada negara dan yang paling penting impor ilegal ini merusak pasar domestik. Ini yang sebabkan industri kita tidak bisa bersaing di pasar, merusak industri nasional. Makanya saya minta hentikan impor ilegal,” tegas Jokowi di kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Jokowi pun senang perintahnya untuk menindak tegas praktek impor tekstil ilegal dilakukan oleh aparat yang terkait, seperti Ditjen Bea dan Cukai. Impor tektsil ilegal ini rugikan negara hingga Rp14 miliar.

“Saya senang perintah saya dikerjakan. Impor ilegal senilai USD1,28 juta atau Rp14 m. Dan negara dirugikan karena tidak bayar bea masuk Rp2,3 miliar,” sebut Jokowi.

Untuk itu, Jokowi memerintahkan kepada Kapolri Badrodin Haiti dan Jaksa Agung HM. Prasetyo untuk mendukung penuh jajaran Bea Cukai dalam memberantas dan menghentikan peredaran impor tekstil ilegal.

“Jadi langkah seperti ini tidak akan ada lagi impor ilegal tekstil,” sebut Jokowi. Jokowi pun akan terus memantau perkembangan pemberantasan impor tekstil ilegal. “Saya tanyakan ke Bea Cukai juga Kementerian Keuangan. Setiap hari progresnya bagaimana. Setiap hari apa yang harus dilakukan. Dan ada alat mantau yang kurang berapa,” tukasnya.

Sumber: okezone.com

Related posts