Masjid di Banda Aceh Akan Dilengkapi Fasilitas Internet

Fasilitas Internet

Banda Aceh (KANAL ACEH.COM) – Sekda Kota Banda Aceh, Bahagia menyatakan, Pemerintah Kota Banda Aceh siap mendukung program Cybersasi Masjid, sehingga semua mesjid di wilayah kota dapat dilengkapi fasilitas internet.

“Kita harapkan kedepan semua mesjid di wilayah kota Banda Aceh dapat dilengkapi dengan fasilitas internet,”ujar Sekda saat membuka sosialisasi Cyberisasi Masjid, Rabu (28/10) di Banda Aceh.

Menurut dia, fasilitas internet itu sangat bagus untuk mengenalkan kepada pengurus masjid akan digitalisasi file dokumen kemasjidan serta memperkenalkan Masjid dan aktivitasnya kepada dunia luar melalui dunia maya.

“Dengan adanya fasilitas internet tersebut pengurus masjid dapat mengaplikasikan format komunikasi baik antar masjid maupun pengurus masjid, jama’ah masjid maupun dengan masyarakat luar secara umum,”ungkapnya.

Cyberisasi masjid ini, kata Sekda bisa menjadi media dakwah dan penyebaran informasi. Melalui Cyberisasi masjid, Jama’ah masjid dapat mengakses sejumlah informasi tentang masjid, baik dalam bentuk kegiatan maupun bentuk laporan keuangan jum’atan atau bahkan hal-hal lainnya yang dianggap perlu.

Apalagi, katanya semua jamaah kita bisa memanfaatkan Teknologi tersebut untuk kepentingan dakwah dan wadah untuk memperkenalkan dunia islami yang mulia kepada seluruh masyarakat dunia.

“Melalui program cyberisasi Majid ini, semoga akan semakin banyak orang yang aktif dan terlibat dengan aktivitas masjid sehingga masjid dapat kembali hidup dan menjadi pusat berbagai kegiatan masyarakat khususnya pemuda,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua panitia sosialisasi, Zahrol Fajri mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memotivasi pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) untuk memahami pentingnya cyberisasi masjid, tersusunnya database dakwah seperti profil dai, jadwal, materi dan keahlian, tersedianya web masing-masing masjid.

Dikatakan, sosialisasi di berikan kepada 100 orang yang terdiri dari BKP Masjid, Remaja Masjid dan perwakilan Ormas Islam. “Sosialisasi ditujukan kepada pengurus dan remaja masjid. Training khusus kita tujukan kepada adwin web dimana nantinya mereka yang akan mengisi konten masing-masing web masjid. Panitia juga melakukan pendampingan hingga tiga bulan,”sebutnya.

Ia juga mmengatakan, sebagai pilot project, tahap pertama cyberisasi akan dilakukan pada 10 masjid di Banda Aceh. Selanjutnya, masjid-masjid di Banda Aceh akan dilengkapi dengan fasilitas internet secara bertahap.(T.Irawan)

Related posts