Pemerintah Aceh bangun RS Regional

by danirandi
Pemerintah Aceh bangun RS Regional

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh, pada tahun 2016, akan memulai pembangunan lima Rumah Sakit Regional di lima wilayah di provinsi ujung paling barat sumater ini.

Sekretaris Bapeda Aceh, Zulkifli mengatakan, dari lima sakit regional yang pada awalnya direncanakan dibangun dengan skema hutang luar negeri, akhirnya Pemerintah Aceh memutuskan untuk membangunnya dengan menggunakan dana anggaran pendapatan dan belanja Aceh.

“Jadi untuk RS regional, kita tidak lagi hutang, langsung dibiayai dari APBA,” katanya.

Untuk tahun ini, tambahnya, dari lima RS regional yang akan dibangun, Pemerintah memutuskan untuk membangun dua RS terlebih dahulu, yakni di Aceh Tengah dan Kota Langsa, dengan pagu anggaran mencapai Rp90 miliar lebih.

“Jadi rencana lima yang kita bangun, dua yang akan mulai kita kerjakan tahun ini dengan anggaran Rp90 miliar,” terangnya.

Pertimbangan pembangunan RS Regional di dua wilayah tersebut, dikarenakan kedua kabupaten itu telah memiliki rencana detil engginering design atau DED untuk pembangunannya.

“Kabupaten Langsa dan Aceh Tengah sudah ada DED nya, jadi itu yang kita bangun terlebih dahulu,” tukasnya.

Sementara itu, untuk tiga kabupaten lainnya, seperti di Aceh Barat, Banda Aceh, dan Pidie, Pemeritah Aceh telah mengalokasikan anggaran untuk penyusunan DED nya. “Jadi di tiga daerah lainnya, DED kita dukung, sehingga pada 2017 bisa kita lanjutkan fisiknya,” tandasnya. [Saky]

You may also like