Pengusaha Laundry Keluhkan Pemadaman Listrik

Pengusaha Laundry Keluhkan Pemadaman Listrik
Ilustrasi laundry kiloan (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemadaman listrik yang terjadi sejak sepekan terakhir di Banda Aceh membuat beberapa pengusaha penatu atau laundry kiloan mengeluh. Mereka mengeluhkan listrik yang padam sehingga tak bisa mengoperasikan peralatan yang dibutuhkan untuk pelayanan laundry.

Sulaiman, salah seorang pengusaha laundry di Desa Baet, Kecamatan Baitussalam, Banda Aceh mengatakan padamnya listrik membuat usaha laundry-nya terganggu. Ketika listrik padam, para pekerja tak bisa berbuat apa-apa karena hampir semua peralatan laundry memakai tenaga listrik.

“Ya nggak bisa apa-apa kalau mati lampu kayak semalam. Mau setrika juga nggak bisa. Tapi nggak sampai ngaruh ke omset. Pelanggan pun maklum kalau mati lampu,” kata Sulaiman yang baru memulai bisnis laundry sejak beberapa bulan lalu.


Berita terkait:

Pemadaman Listrik Masih Berlanjut di Aceh

Listrik di Sumut dan Aceh Padam, PLN Minta Maaf


Sementara Lia, pengusaha laundry di kawasan Prada, Banda Aceh mengaku kewalahan ketika pemadaman terjadi di daerah tersebut. Menurutnya, pemadaman listrik tersebut sangat berpengaruh terhadap usaha laundry-nya.

“Jadi terhambat nggak bisa pakai mesin cuci, setrika, pengering, dan pompa air. Paling cuma kasih pemberitahuan sama pelanggan kalau lagi mati lampu. Kerjaan jadi keteteran,” ungkapnya.

Lia juga mengaku akibat pemadaman listrik, banyak pelanggan yang mengeluh dan marah jika pakaian mereka belum siap akibat listrik padam.

“Pelanggan marah-marah kalau pakaiannya belum siap gara-gara mati lampu. Mereka cuma tahu terima beres. Kadang kami harus kompensasi atau ganti rugi, misalnya menggratiskan biaya laundry untuk beberapa kilo,” ujarnya.

Ia berharap agar tak terjadi pemadaman listrik ke depan, karena jika pun harus membeli genset juga terkendala biaya yang besar.

“Bayar listrik aja udah mahal, apalagi kalau pakai genset,” kata Lia.

Sebelumnya, PLN Area Banda Aceh telah mengedarkan pemberitahuan pemadaman aliran listrik di sebagian wilayah Banda Aceh karena adanya penggantian kabel power travo daya 60 MVA lokasi Gardu Induk Banda Aceh. Pemadaman dilakukan Sabtu (30/1) sejak pukul 08.00 hingga 16.00 sore. [Sammy]

Related posts