Chelsea vs MU: Adu Gengsi di Stamford Bridge

Chelsea vs MU: Adu Gengsi di Stamford Bridge
Chelsea vs Manchester United (Reuters)

Siaran Langsung Minggu (6/2) pukul 23.00 WIB.

London (KANALACEH.COM) – Lanjutan matchday pekan ke-25 kompetisi Premier League musim 2015-2016, akan menghadirkan pertandingan antara tuan rumah Chelsea menghadapi tamunya, Manchester United, di stadion Stamford Bridge, London, Minggu (7/2) malam WIB.

Meski sempat terseok-seok pada awal musim, Chelsea terus menunjukkan performa yang membaik setelah kedatangan pelatih Guus Hiddink. Sejak kedatangan pelatih asal Belanda tersebut, Chelsea memang belum terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Dalam delapan pertandingan di bawah Hiddink, The Blues mencatatkan tiga kemenangan dan lima kali imbang. Hasil tersebut membuat mereka berada di posisi ke-13 klasemen sementara Premier League dengan raihan 29 poin dari 24 laga.

The Blues saat ini berselisih 11 poin dari Manchester United yang menduduki urutan kelima. Meski demikian, Chelsea memiliki catatan belum pernah kalah dalam enam pertemuan terakhir dengan Manchester United di Stamford Bridge. Berdasarkan data statistik, The Blues hanya kalah satu kali dari 13 pertandingan kandang di Premier League melawan United.

“Ini merupakan pertandingan Big Match bagi kedua klub selama bertahun-tahun. Manchester United dan klub kami selalu terlibat dalam persaingan memperebutkan gelar, dalam beberapa tahun belakangan” ujar Manajer Chelsea, Guus Hiddink dilansir laman BBC.

“Tentu saja saya ingin meraih kemenangan lagi, meski tak terkalahkan sampai sejauh ini merupakan hal yang menarik. Namun, tim ini terus melangkah lebih stabil dan sekarang kami berharap dapat meraih hasil yang lebih baik di sisa musim,” tambahnya.

Meski memperlihatkan konsistensi permainan, Guus Hiddink merasa peluang timnya untuk bisa finis di empat besar musim ini sangat sulit. Alasan tersebut cukup masuk akal, mengingat terlalu jauh jarak poin timnya dengan posisi empat besar.

“Jika kami tetap tidak terkalahkan maka itu langkah positif bagi tim ini. Namun, jarak yang memisahkan kami terlalu lebar,” ujar Hiddink.

Menghadapi laga melawan United di kandang sendiri, pasukan Chelsea terbilang cukup lengkap karena tidak banyak pemain yang mengalami cedera. Guus Hiddink nampaknya akan menurunkan Eden Hazard bersama Oscar, John Obi Mikel, Willian, serta gelandang andalan The Blues asal Spanyol, Cesc Fabregas.

Selain itu, striker kontroversial, Diego Costa, akan kembali turun sejak menit awal. Penyerang asal Spanyol ini, terus menunjukkan ketajamannya. Sejak Hiddink menangani Chelsea, Costa sukses membukukan enam gol dan tiga assist dalam tujuh pertandingan terakhir.

Hiddink sendiri telah memperingatkan striker Diego Costa untuk bisa mengontrol diri saat mendapat provokasi dari pemain lawan. Sebelumnya, Costa sempat terlibat keributan dengan pemain Watford, Juan Carlos Paredes. Akibat insiden itu, kedua pemain mendapat kartu kuning dari wasit.

“Saya selalu berusaha melindungi pemain dari provokasi pemain lawan. Ini adalah liga yang menguras fisik para pemain, dan memerlukan konsentrasi tinggi di setiap pertandingan,” tambahnya.

Pada bagian lain, Manchester United mengusung motivasi tinggi untuk meneruskan raihan dua kemenangan beruntun yang mereka raih pada pekan-pekan sebelumnya. Hebatnya lagi, United sukses mencetk tiga gol dalam dua pertandingan tersebut.

Pelatih Setan Merah, Louis van Gaal, telah menyatakan bahwa timnya ingin meneruskan tren positif saat menghadapi Chelsea di kandang lawan, meski dirinya tengah dilanda rumor soal pemecatan.

Posisi Louis van Gaal sendiri memang terus digoyang menyusul performa tak konsisten tim asuhannya. Dua kemenangan yang diraih The Reds Devils, memang sedikit membuat goncangan bagi pelatih asal Belanda itu berkurang.

“Dalam beberapa waktu belakangan ini menjadi masa yang sulit bagi saya dan tim. Meski demikian, saya enggan menanggapi rumor yang beredar. Saya masih yakin dengan tim ini selama mendapat dukungan dari manajemen,” kata Van Gaal dilansir laman Sportmole.

Menurut Van Gaal, merupakan hal yang wajar akan spekulasi masa depannya semakin dipertanyakan. “Ini adalah dunia sepakbola di Inggris. Sesuatu tentang rumor tentunya sangat disayangkan, tapi seperti inilah adanya,” katanya.

Menghadapi Chelsea di Stamford Bridge, Louis van Gaal nampaknya akan kembali mengandalkan Rooney sebagai pencetak gol. Terlebih, Rooney telah mencetak lima gol dalam lima penampilan Premier League terakhirnya. Kinerja Rooney kembali diharapkan, dengan ditopang trio Jesse Lingard, Juan Mata, dan Anthony Martial.

Van Gaal sendiri belum bisa menurunkan Luke Shaw, Antonio Valencia, Marcos Rojo, dan Ashley Young karena masih cedera. Sementara Bastian Schweinsteiger, Phil Jones, dan Matteo Darmian kondisinya meragukan.

Dengan absennya Young serta kondisi Jones dan Darmian yang meragukan, maka Van Gaal kemungkinan akan kembali menduetkan Chris Smalling dan Daley Blind di jantung pertahanan.

Sebagai pengganti Darmian, Guillermo Varela akan dipasang sebagai bek kanan. Sementara di sisi kiri Cameron Borthwick-Jackson menggantikan peran Young. Sementara di depan bek, Michael Carrick berpeluang besar kembali diturunkan untuk bekerja sama dengan Morgan Schneiderlin.

“Saya memiliki perasaan bahwa ketika kami mampu mengalahkan Chelsea, saya pikir tim ini akan kembali dalam kompetisi untuk memperebutkan gelar. Laga ini menjadi sangat penting. Kompetisi belum selesai, bukan saja untuk Manchester United atau tim lainnya,” kata Van Gaal.

Perkiraan Susunan Pemain:

Chelsea: Courtois, Ivanovic, John Terry, Zouma, Azpiliceuta, Mikel, Matic, Willian, Fabregas, Hazard, Diego Costa.

Cadangan: Amelia, Begovic, Rahman, Cahill, Miazga, Loftus-Cheek, Matic, Kenedy, Traore, Pedro, Pato.

Pelatih: Guus Hiddink (Belanda).

Manchester United: De Gea, Darmian, Smalling, Blind, Borthwick-Jackson, Carrick, Fellaini, Martial, Mata, Lingard, Rooney.

Cadangan: Romero, Pereira, Rashford, Tuanzebem, Goss, McNair, Varela, Depay, Januzaj, Herrera, Jones.

Pelatih: Louis van Gaal (Belanda).

[BeritaSatu]

Related posts