Sekda Bireuen resmikan kantor BKAD Juli Makmu

Peresmian kantor BKAD Juli Makmu. (Ist)

Bireuen (KANALACEH.COM) – Sekda Bireuen, Zulkifli meresmikan kantor Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Juli Makmu dan juga penyerahan bantuan sosial untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) dan anak yatim di Kecamatan Juli, Kamis (7/4).

Sekretaris BKAD Juli Makmu, Jamaluddin dalam laporannya menyebutkan BKAD Kecamatan Juli saat ini sudah berbadan hukum dengan salinan akta pendiri nomor 11 tahun 2016 dan Keputusan Bupati Nomor 412/105/2014.

“Nama perkumpulan BKAD Juli Makmu merupakan kesepakatan bersama para keuchik dan perwakilan masyarakat,” ujarnya.

Lanjutnya, aset BKAD Juli Makmu terdiri dari aset tetap, yaitu tanah kantor senilai Rp240 juta dan kantor senilai Rp497,199 juta.

“Total aset tetap sekarang 737 juta rupiah, sedangkan untuk aset berjalan atau dana bergulir sebesar 5,209 miliar rupiah,” kata Jamaluddin.

Jamaluddin menambahkan, untuk kelompok yang menjadi pemamfaatan dari dana tersebut, yaitu perdagangan sebanyak 95 kelompok, pertanian 1 kelompok, dan kelompok peternakan dan penggemukan sapi 25 kelompok.

Camat Juli, Munir mengatakan dengan hadirnya kantor BKAD Juli, maka masyarakan bisa dengan mudah memeroleh modal usaha.

“Program semua ini merupakan milik masyarakat, keuchik juga ikut bertanggung jawab dengan simpan pinjang di desanya,” kata Munir.

Ia berharap kepada semua kelompok yang akan mengajukan permohonan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan semua masyarakat di Kecamatan Juli memiliki hak  mengajukannya. [Sammy/rel]

Related posts