Google peringati Hari Bumi 2016 dengan lima doodle

Google peringati Hari Bumi lewat 5 doodle. (Google.com)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Google turut memperingati “Hari Bumi” yang jatuh pada Jumat (22/4) ini. Raksasa mesin pencari tersebut mematrikan lima doodle pada laman utamanya.

Doodle pertama menggambarkan seekor beruang kutub di tengah luasnya padang salju. Doodle lainnya memperlihatkan seekor rubah merah sedang berlari di tengah hutan.

Ada juga gajah di tengah padang pasir, penyu di tengah gurun, serta terumbu karang dan gurita di tengah luasnya samudra.

Binatang-binatang yang tampak kesepian di habitatnya menunjukan gejala kelangkaan masing-masing spesies. Hal tersebut tak lepas dari perubahan iklim dan kondisi geografis lainnya.

Tiap kali membuka situs Google.com, pengguna bakal melihat satu di antara lima doodle tersebut secara random, sebagaimana dipantau KompasTekno, Jumat (22/4). Hal tersebut untuk menyegarkan penglihatan pengguna dengan berbagai jenis kondisi alam di muka bumi.

Hari Bumi dicanangkan pertama kali pada 22 April 1970 oleh Senator Amerika Serikat sekaligus pengajar lingkungan hidup Gaylord Nelson. Sebelumnya, ide itu telah dikemukakan oleh aktivis kedamaian John McConnell pada 1969.

Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari peringatan internasional. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet satu-satunya tempat manusia tinggal.

Tanggal 22 April bertepatan pula dengan musim semi di belahan Bumi Utara dan musim gugur di belahan Bumi Selatan. [Kompas]

Related posts