Tujuh makanan yang ampuh atasi sembelit saat puasa

Ilustrasi sayuran. (Pixabay)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Semua orang tentu pernah mengalami masalah sembelit dari waktu ke waktu. Biasanya hal tersebut terjadi karena kurangnya konsumsi serat.

Nah, dalam menjalani ibadah puasa, tidak jarang orang yang mengalami masalah kesehatan ini. Jika Anda salah satunya, jangan buru-buru membeli obat, Anda dapat mengatasi masalah ini tanpa mengeluarkan banyak biaya, yakni hanya dengan memperbaiki pola makan.

Berikut ini beberapa makanan yang ampuh untuk mengatasi sembelit saat puasa, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Sayuran

Sayuran mengandung banyak serat yang sehat dan Anda dapat mengonsumsi banyak sayuran saat akan sahur dan berbuka puasa. Beberapa jenis sayuran yang wajib dikonsumsi antara lain buncis dan kacang polong.

Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, pisang, pepaya, markisa dan alpukat juga kaya akan serat. Masukkan ini ke dalam menu sahur Anda untuk membantu melancarkan buang air besar dan menghidrasi tubuh Anda.

Konsumsi gandum

Bila Anda lambat mencerna sesuatu pastikan untuk rutin mengonsumsi bahan makanan seperti kacang-kacangan, gandum dan biji rami. Mengonsumi makanan ini dapat membantu Anda mencegah sembelit.

Yogurt

Probiotik seperti yang terkandung di dalam yogurt dapat membantu Anda mencegah sembelit yang disebabkan oleh asupan makanan rendah kalori. Untuk itu, pastikan Anda menyertakan makanan ini di sela-sela sahur dan berbuka puasa.

Air putih dan jus

Tidak hanya air putih, jus buah segar juga dapat membantu Anda mencegah dehidrasi dan sembelit selama puasa Ramadan. Anda juga dapat mengonsumsi air kelapa, jus semangka, jus jeruk, jus nanas dan jus anggur untuk mencegah dehidrasi.

Kurma

Seperti yang diketahui, kurma merupakan sumber makanan yang baik karena kaya serat, karbohidrat, kalium, magnesium dan juga gula. Hal ini dapat membantu Anda menjaga dan mengontrol kadar gula darah dan mencegah pusing.

Kacang almond

Almond dianggap salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi selama bulan puasa. Itu karena kacang satu ini kaya akan protein dan serat, serta mengandung sedikit lemak. [Viva]

Related posts