Unsyiah buka prodi Magister Kenotariatan

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mulai tahun ini membuka program studi Magister Kenotariatan (MKn) di Fakultas Hukum (FH).

Lahirnya prodi baru tersebut menambah jumlah prodi di Unsyiah menjadi 112 prodi yang terdiri dari prodi diploma, sarjana, magister, dan doktor.

Dekan FH Unsyiah, Prof Faisal A. Rani, Jumat (10/6) mengatakan, program MKn resmi berdiri berdasarkan keputusan Menristekdikti RI Nomor 130/KPT/I/2016.

Dilanjutkan dengan Surat Keputusan Rektor Unsyiah Nomor 992 Tahun 2016 tentang Penunjukan Pengelola Program MKn tahun 2016 terhitung berlaku mulai 1 April 2016.

Penyelenggaraan prodi MKn, lanjutnya, bertujuan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, riset dan teknologi di bidang kenotariatan, serta peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian di bidang hukum kenotariatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Prodi tersebut juga memiliki beberapa standar kompetensi seperti, harus mampu berkontribusi bagi pembangunan hukum di Aceh dan Indonesia, khususnya yang berkenaan dengan ilmu hukum kenotariatan,” jelas Prof Faisal.

Sementara, Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal mengapresiasi civitas akademika FH yang berhasil melahirkan prodi MKn.

Lanjutnya, seluruh civitas akademika Unsyiah juga akan terus berupaya melahirkan prodi-prodi baru untuk kebutuhan masyarakat.

Lahirnya prodi MKn menjadi pemicu semangat fakultas-fakultas lain untuk mengembangkan prodi-prodi baru.

“Selain meningkatkan jumlah prodi, para dosen juga harus mampu meningkatkan akreditasi setiap prodi. Unsyiah sudah berakreditasi A. Kini giliran prodi-prodi yang harus terakreditasi A. Para dosen dan mahasiswa harus mampu menciptakan inovasi-inovasi di bidang penelitian dan ilmu pengetahuan. Apalagi, sekarang sudah ada dana untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM),” pungkasnya. [Aidil/rel]

Related posts