Mantan Menteri Agraria Hasan Basri Durin meninggal dunia

Hasan Basri Durin. (Dok. BPN)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Mantan Menteri Agraria pada masa pemerintahan Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Hasan Basri Durin meninggal dunia. Dia menghembuskan nafas terakhir pada usia ke-81.

“Iya benar, beliau meninggal dunia pukul 00.30 WIB dini hari tadi,” kata Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan saat dikonfirmasi, Sabtu (9/7).

Rencananya Hasan akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata nanti siang. Hasan juga peraih Bintang Mahaputra Adipradana pada tahun 1998. Saat ini Ferry seang menuju ke rumah duka untuk melayat.

Selain pernah menjabat sebagai Menteri Agraria, almarhum Hasan juga merupakan mantan Gubernur Sumatera Barat pada tahun 1987-1997, dan Wali Kota Padang pada 1971-1983. Ketua DPD Irman Gusman mengenal Hasan sebagai tokoh masyarakat Sumatera Barat.

“Beliau tokoh ninik mamak Sumbar, sehingga kepergian almarhun ini kita kehilangan seorang putera terbaik Indonesia yang telah mendedikasikan diirinya berkarir dari bawah,” ungkap Irman yang juga senator asal Sumatera Barat tersebut.

Irman juga sempat membesuk Hasan ketika dirawat di RS Medistra 3 bulan lalu. Menurut Irman saat itu Hasan dirawat setelah jatuh di kamar mandi.

“Jadi kehilangan kesadaran dan dibawa ke Medistra. Beliau sempat sembuh, tetapi mungkin pendarahannya cukup dalam,” tutur Irman. [Detik]

Related posts